Tex Saverio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Tex Saverio (lahir di Jakarta, 24 Agustus 1984; umur 34 tahun) adalah perancang busana asal Indonesia[1]. Ia dikenal terutama sebagai perancang busana pengantin wanita dengan gaya glamour dan penuh fantasi.

Namanya mulai mencuat ketika pada bulan September 2005 ia memenangi penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award, sehingga ia dapat bersaing pada tingkat regional pada tahun berikutnya[2]. Ketika itu ia menampilkan koleksi-koleksi untuk wanita maupun pria[2]. Kesuksesannya itu dicapai melalui pengorbanan dengan meninggalkan sekolah sejak kelas 1 SMA dan memilih belajar merancang busana di Bunka Fashion School, Jakarta, lalu magang di Phalie Studio[2].

Sejak saat itu, karya-karya Rio, panggilannya, mulai dikenal di kalangan internasional. Karena dorongan dari kawannya, Rio memperkenalkan diri dan karyanya kepada agen Lady Gaga. Mendapat sambutan positif, tidak lama kemudian salah satu karyanya, La Glacon, dikenakan Lady Gaga dalam salah satu fotonya di majalah Harper's Bazaar pada tahun 2011[3]. Selain Lady Gaga, Kim Kardashian juga diketahui mengenakan busana rancangannya[4]. Foto perkawinan salah satu tokoh dalam film The Hunger Games: Catching Fire (2013) juga mengenakan busana rancangannya[4].

Sejak 2013, ia memasuki segmen pasar busana siap pakai, yang dipamerkannya di Paris Fashion Week sebagai satu-satunya perancang Indonesia yang dapat tampil di ajang itu, dan juga di ajang Jakarta Fashion Week 2014 yang diadakan bulan Oktober 2013 di Jakarta[5].

Oleh media internasional, ia dijuluki sebagai "Alexander McQueen of Indonesia"[4]. Alex McQueen adalah perancang busana pengantin ternama asal Inggris yang bunuh diri pada tahun 2010.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fashion Designers from Indonesia: The Best 5". News Fashion Trend. Diakses tanggal 18 October 2013. 
  2. ^ a b c Handojo, Ve (9 October 2005). "Tex Saverio left school for fashion". The Jakarta Post. Diakses tanggal 18 October 2013. 
  3. ^ Harper's Bazaar USA. 2011.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  4. ^ a b c Vince, Jessica. "Meet Tex Saverio - The Designer Behind Katniss's Wedding Dress In The Hunger Games Who's Already Dressed Lady Gaga". Grazia. Diakses tanggal 18 October 2013. 
  5. ^ Karya Go Internasional Tex Saverio di JFW 2014. Tempo Daring. 20 Oktober 2013.