Tesis Church Turing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mesin Turing sudah berkembang menuju arah yang lebih univers setelah Alonzo Church mengusulkan tesis Church- Turing menyatakan bahwasanya Mesin Turing Univers ini sangat mampu menyerap informasi-informasi secara efektif, logis, matematis, dan menyajikan informasi berupa prosedur mekanis yang dapat diketahui mesin yang disebut algoritme (algorithma). Mesin Turing ini dapat digambarkan sebagai alat yang Mengetahui informasi dari seutas pita panjang atau tape (dapat dipahami seperti pita kaset) mengunakan mata baca yang dikatakan head.[1]

Penelusuran[sunting | sunting sumber]

Alan Turing filsafatnya yang memberikan fondasi bagi kecerdasan buatan (artificial intelligence) menjadikan Alan Turing sebagai Bapak Ilmu Komputer. Didalam dunia bisnis, industri komputer yang Tersiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) mendominasi hampir seluruh kehidupan manusia. Perkantoran, Universitas, pasar, dan perumahan di daerah perkotaan hampir selalu membutuhkan komputer. Komputer juga mampu membantu kita untuk mengerjakan pekerjaan kita dari kantor, maupun kampus.[2] Sama seperti Finite State Automata dan Push Down Automata yang dapat mengetahui bahasa formal, maka mesin Turing dapat juga berperan sebagai mesin pengenal bahasa formal. Bahasa yang dikenal oleh Mesin Turing adalah bahasa tanpa-batasan (non-restricted language), yang disebut juga himpunan terenumerasi rekursif (recursively enumerable set).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yuana, Kumara Ari. The Greatest Philosophers - 100 Tokoh Filsuf Barat dari Abad 6 SM - Abad 21 yang Menginspirasi Dunia Bisnis. Penerbit Andi. ISBN 978-979-29-1370-5. 
  2. ^ Yuana, Kumara Ari. The Greatest Philosophers - 100 Tokoh Filsuf Barat dari Abad 6 SM - Abad 21 yang Menginspirasi Dunia Bisnis. Penerbit Andi. ISBN 978-979-29-1370-5. 
  3. ^ Drianto, L. Arrel; Valentino, Michael Nicholas; Wibowo, Stefano Indra; S, Stefan Bagus Setiawan; Santoso, Teng Jason; S, Michael Christano; P, Laurensius Ruiz Andika; Pradiva, Rafif Arsya; D, V. Arya Chandranama. Inovasi Teknologi Kecerdasan Komputer. SIEGA Publisher.