Terramodel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Terramodel (Trimble Navigation, 2001) menyebutkan Terramodel adalah sebuah software pemodelan yang memungkinkan para insinyur, surveyor, kontraktor, dan photogrametris untuk menghasilkan survei yang lengkap dan gambar desain. Keunggulan menggunakan Terramodel, yaitu:

1. Impor data survei langsung ke file pekerjaan dan mengurangi catatan lapangan. 2. Menghasilkan rencana lokasi untuk aplikasi komersial industri perumahan, dan. 3. Melakukan contouring dan fungsi penilaian situs lainnya. 4. Desain drainase, badai dan sistem pembuangan air limbah. 5. Desain jalan raya mulai dari jalan-jalan perumahan sederhana untuk thoroughfares multi-jalur. 6. Menyiapkan rencana set lengkap. 7. Ekspor data untuk tata letak konstruksi. 8. Melakukan kajian hidrologi dan menghasilkan laporan siap submittal lengkap.

Software Terramodel dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sebagai berikut: 1. Survei Perangkat lunak Terramodel sangat ideal untuk berbagai kegiatan survei termasuk pengolahan (konvensional atau RTK GPS) survei topografi dan jaringan kontrol, serta CAD editing, dan digital terrain modeling. Perangkat lunak Terramodel dibangun di sekitar konsep yang menunjuk 3D membentuk dasar dari survei proyek. Setiap titik memiliki sifat posisi, ketinggian, lapisan, warna, nama, dan titik unik nomor / id. Manfaat dari database yang dinamis unik Terramodel untuk surveyor sangat besar. Membuat proyek sederhana dan mudah. Data survei baku secara otomatis dikurangi menjadi titik dan garis dan terkandung dalam file proyek tunggal. Penyusunan terakhir adalah refleksi dari data survei yang sebenarnya. Terramodel menyediakan fitur berikut untuk surveyor, diantaranya adalah: a. Reduksi data dan kontrol perhitungan jaringan b. Alat monitor Deformasi Otomatis c. penyusunan CAD editing, merencanakan, dan digitalisasi d. Hukum, kadaster, dan batas survei alat pengukuran e. Permukaan, volumetrics, dan alat-alat contouring f. Data set pengolahan yang besar misalnya, Lidar atau peta batimetri g. Profil dan penampang melintang h. Interior bangunan, elevasi dan survei arsitektur i. 3D Visualisasi diberikan adegan dan film AVI j. Earthworks, tambang, dan desain sel limbah k. GIS data pendukung Terramodel dapat digunakan dalam GIS sistem seperti ArcView.

2. Desain Terramodel memberikan insinyur sipil satu set alat lengkap untuk desain yang meningkatkan kemampuan dan produktivitas dari survei awal untuk konstruksi akhir. Dapat digunakan untuk merancang jalan, jembatan, kereta api, selokan, permukaan, situs komersial atau perumahan. Terramodel infrastruktur baru mendukung dalam konsep desain canggih dengan pemodelan sebuah proyek menggunakan rencana, profil dan cross pemandangan bagian proyek. Dan perangkat lunak ini dengan mudah memproses ratusan ribu poin dan mulus mengintegrasikan dengan survei dan konstruksi dengan berbagi semua data dalam file proyek tunggal.

3. Konstruksi Perangkat lunak Terramodel sangat ideal untuk lokasi pembangunan. Perangkat lunak ini menggunakan satu file, project model database yang mendukung semua aspek konstruksi berat dari estimasi untuk proyek. Software ini menyediakan satu set alat yang dapat digunakan untuk mensurvei dan rekayasa tugas serta sebagai tugas konstruksi seperti menghitung cut / mengisi volume, membuat data pengintaian dan laporan, menghitung jarak massa dan tahapan konstruksi, menyiapkan data untuk konstruksi yang dikendalikan mesin, dan memproduksi catatan survei dibangun selama fase konstruksi.

Beberapa fungsi yang terdapat dalam software adalah sebagai berikut. 1. Survei Data dan Perhitungan Seperti halnya kegiatan survei biasa yang harus melakukan perhitungan, terramodel menyediakan otomasisasi perhitungan jaringan hingga kuadrat terkecil untuk menyesuaikan kontrol dan monitoring pekerjaan. 2. Pelaporan Terramodel menyediakan semua fungsi yang digunakan untuk menjaga kualitas dan standar laporan suatu pekerjaan, yaitu meliputi: - Kontrol perhitungan dan penyesuaian - Pengurangan detail dan mengkoordinasikan daftar - Laporan geometri - COGO: Area, jarak, dan bantalan - Pemeriksaan QA - Kontrol lembar laporan - Laporan Volume

3. Fungsi CAD dan Anotasi Terdapat fungsi CAD yang lengkap untuk menghasilkan perencanaan dengan cepat dan mudah. Fungsi CAD standar juga menyediakan fitur warna dan tipe garis yang berbeda. Sistem CAD pada terramodel dapat berfungsi sebagai editing global, perintah, dan penyusunan data. Selain itu, data atribut dapat digunakan untuk membuat penjelasan teks, survei data mentah, desain data, dan CAD bagian dari database yang terintegrasi dalam suatu file pekerjaan tunggal. Perubahan data survei dapat terlihat dalam DTM dan CAD grafis, dan titik teks yang terkait yang diperbaharui secara otomatis.

4. Digital Terrain Model Terramodel menyediakan fungsi Digital Terrain Model (DTM) yang bisa digunakan untuk merancang suatu pekerjaan-pekerjaan yang besar. Selain itu terramodel dapat membentuk DTM TIN sampai dengan 8 (delapan) juta titik. Hal ini dapat digunakan sebagai pilihan merancang data dari scaner laser udara atau darat, pekerjaan fotogrametri, dan pemetaan batimetri. Fungsi DTM adalah sebagai berikut: - Setiap lapisan dapat menjadi DTM tunggal - Beberapa lapisan dapat dikelompokkan untuk membentuk multi-layer DTM kontur - Membentuk profil untuk evaluasi area - Visualisasi 3D model permukaan - Perhitungan luas - Pengukuran volume antara DTM atau datum, dengan atau tanpa kesalahan dari elevasi kedalaman - Otomatis membentuk penampang dan tata letak sheeted dari berbagai gambar penampang - Cross section atau garis horisontal yang dibentuk pada titik-titik yang bisa meliputi seluruh area penampang - Cross section area untuk menghitung volume

Perhitungan Volume Pada Software Terramodel[1]

Geocomp System Diarsipkan 2009-05-31 di Wayback Machine. (TML List, 2006) memaparkan ada beberapa metode dalam menghitung volume pada software Terramodel, diantaranya yaitu: 1. Surface To Surface Menghitung dan melaporkan cut and fill antara dua permukaan DTM. 2. Surface To Datum Menghitung dan melaporkan cut and fill volume antara permukaan DTM dan datum. 3. Stockpile Menghitung dan melaporkan volume persediaan yang diukur, berdasarkan pada permukaan asumsi yang mendasari. 4. Depression Menghitung dan melaporkan volume yang diukur atau penggalian, berdasarkan pada permukaan asli yang diasumsikan. 5. Isopach Menghitung dan melaporan cut and fill volume yang terkait dengan permukaan isopach yang disimpan sebelumnya.

Sumber: -http://www.trimble.com/

         -http://www.geocomp.com.au/support/terramodel/10.40/cddocs.html

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tutorial Software Terramodel". www.koordinat.id. Diakses tanggal 2017-01-29.