Teori rekapitulasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Teori rekapitulasi, disebut juga hukum biogenetik atau paralelisme embriologis — sering diungkapkan dengan menggunakan ungkapan Ernst Haeckel "ontogeni rekapitulasi filogeni" — adalah hipotesis sejarah bahwa perkembangan embrio hewan, dari pembuahan hingga kehamilan atau penetasan (ontogeni), melewati tahap yang menyerupai atau mewakili tahap dewasa berturut-turut dalam evolusi nenek moyang jauh hewan (filogeni). Itu dirumuskan pada tahun 1820-an oleh tienne Serres berdasarkan karya Johann Friedrich Meckel, yang setelah itu juga dikenal sebagai hukum Meckel-Serres.

Karena embrio juga berevolusi dengan cara yang berbeda, kekurangan teori tersebut telah diakui pada awal abad ke-20, dan telah diturunkan ke "mitologi biologis" pada pertengahan abad ke-20.[1]

Analogi dengan teori rekapitulasi telah dirumuskan di bidang lain, termasuk perkembangan kognitif dan kritik musik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blechschmidt, Erich (1977) The Beginnings of Human Life. Springer-Verlag, p. 32: "Apa yang disebut hukum dasar biogenetik itu salah. Tidak ada tetapi atau jika dapat mengurangi fakta ini. Bahkan tidak sedikit yang benar atau benar dalam bentuk yang berbeda, membuatnya valid dalam persentase tertentu. Ini benar-benar salah."

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]