Tenshi no Koi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tenshi no Koi
SutradaraYuri Kanchiku
ProduserYasushi Umemura
Ditulis olehYuri Kanchiku
PemeranNozomi Sasaki, Shosuke Tanihara
DistributorGaga Communications
Tanggal rilis
  • 07 November 2009 (2009-11-07) (Jepang)
Durasi119 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
US$1,090,202

Tenshi no Koi (天使の恋, lit: Cinta Malaikat) juga dikenal dengan nama My Rainy Days adalah film drama-romantis Jepang pada tahun 2009, berdasarkan novel ponsel populer dengan judul yang sama.[1] Film ini merupakan debut sutradara Yuri Kanchiku. Model Jepang—Nozomi Sasaki—memerankan karakter utama dalam film ini, sebagai siswi sekolah menengah berusia tujuh belas tahun.[2] Film ini bercerita tentang seorang siswi sekolah yang manipulatif, yang mengubah hidupnya ketika dia jatuh cinta pada seorang profesor yang lebih tua darinya.

Tenshi no Koi memulai debutnya dalam pemutaran film khusus di Tokyo International Film Festival ke-22.[1] Kemudian dirilis di bioskop Jepang pada 7 November 2009.[3] Film ini meraup total US$1.090.202 di empat negara yang berbeda,[4] dan menerima ulasan positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Siswa SMA berusia 17 tahun—Rio Ozawa—selalu menjadi pusat perhatian karena kecantikannya. Namun, Rio tidak pernah peduli pada siapa pun kecuali dirinya sendiri karena masa lalunya yang traumatis. Teman-temannya hanya ada sehingga dia bisa menggunakannya untuk keuntungannya. Rio hanya tertarik pada uang. Dia terlibat dalam "kencan berkompensasi" dan pemerasan.

Suatu hari foto-foto Rio tertukar dengan milik orang lain, hal ini disebabkan oleh toko cetak foto yang tidak teliti. Foto-fotonya tertukar dengan milik seorang pria bermarga sama dengannya, Ozawa. Dia kemudian bertemu dengan pria itu, yang berprofesi sebagai profesor perguruan tinggi berusia 35 tahun—Kouki Ozawa, dan jatuh cinta untuk pertama kalinya. Rio merasa bingung dengan emosinya. Dia berubah dari orang yang percaya diri dan dewasa, menjadi sesuatu yang lebih seperti anak sekolah yang sedang kasmaran. Dia meminta Kouki untuk menjadi tutornya dalam pelajaran sejarah dan ingin berkencan dengannya. Meskipun Kouki kemudian tertarik pada Rio, ada alasan dia tidak mengejar hubungan itu. Namun, Rio sangat ngotot dan mulai mengubah seluruh dunianya menjadi lebih baik agar bisa bersama Kouki.

Tiba-tiba Kouki menghilang tanpa pamit yang membuat Rio hancur. Teman-temannya, dengan bantuan kerabat Kouki, menemukannya pindah kerja. Rio kemudian mengetahui bahwa Kouki memiliki kanker otak, itulah sebabnya dia ingin menjaga jarak agar tak mematahkan hati Rio. Rio meyakinkan Kouki untuk melakukan operasi yang berisiko, bahkan jika itu berarti dia tidak dapat mengingatnya, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak waktu bersama. Pada akhirnya, Kouki selamat dari operasi dan mereka bertemu lagi, meskipun tidak jelas apakah dia mengingat Rio.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Nozomi Sasaki sebagai Rio Ozawa
  • Shosuke Tanihara sebagai Kouki Ozawa
  • Hikaru Yamamoto sebagai Tomoko
  • Mitsuki Oishi sebagai Maki
  • Araki Nanaki sebagai Miho
  • Saki Kagami sebagai Naoko
  • Motoki Fukami sebagai Yuuji
  • Wakana Sakai sebagai Kaori Ozawa
  • Mitsuru Fukikoshi sebagai Masao
  • Mayumi Wakamura sebagai Ayako Ozawa
  • Kanji Tsuda sebagai Kazuki

Produksi[sunting | sunting sumber]

Novel ponsel Tenshi no Koi yang mengambil topik tentang siswi SMA telah memiliki 13 juta pembaca di Jepang pada Juli 2009.[5] Pada tanggal 19 Juli 2009 diumumkan kepada media bahwa novel tersebut akan memiliki adaptasi film dan pemeran utamanya adalah model populer Nozomi Sasaki dan aktor profesional Shosuke Tanihara.[5] Dalam peran utama pertamanya dalam sebuah film, Sasaki berperan sebagai Rio—seorang siswi SMA berusia tujuh belas tahun—sedangkan Tanihara akan menjadi lawan main Sasaki, berperan sebagai profesor Kouki yang berusia 35 tahun.[5] Sebelumnya, Tanihara membintangi film seperti Nodame Cantabile: The Movie (2009) dan film adaptasi dari manga Love Com (2006).[6] Pengambilan gambar selesai di sebuah universitas di Yokohama.[5]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Tenshi no Koi memulai debutnya di Tokyo International Film Festival ke-22 pada 17 Oktober 2009.[7] Di sana, film itu dipamerkan sebagai salah satu pemutaran film khusus festival.[7] Kemudian dirilis di bioskop Jepang pada tanggal 7 November 2009.[7] Beberapa bioskop melarang poster asli film ini, dikarenakan memperlihatkan punggung telanjang aktris utama. Poster lain dirilis, yang memperlihatkan kedua pemain akan berciuman.[7] Tenshi no Koi melakukan pemutaran film pertama di luar negeri, tepatnya di Singapura.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Edwards, Russell (5 November 2009). "My Rainy Days". variety.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 November 2019. 
  2. ^ "Film / My Rainy Days". tvtropes.org. Diakses tanggal 26 November 2019. 
  3. ^ "天使の恋 : 作品情報". eiga.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 November 2019. 
  4. ^ a b "My Rainy Days". boxofficemojo.com. Diakses tanggal 26 November 2019. 
  5. ^ a b c d "佐々木希&谷原章介が18歳差の恋に落ちる!「天使の恋」撮影現場で語った : 映画ニュース". eiga.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 November 2019. 
  6. ^ "Shosuke Tanihara - AsianWiki". asianwiki.com. Diakses tanggal 26 November 2019. 
  7. ^ a b c d "佐々木希が大胆な上半身ヌードを披露!初主演作「天使の恋」ポスター解禁 : 映画ニュース". eiga.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 November 2019.