Tenoch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tenoch
Tenoch's image
Penggambaran Tenoch di Codex Mendoza.
Meninggal1375
Nama lainTenuch
Orang tuaIztacmixcoatl

Tenoch (atau Tenuch , pra=| Tentang bunyi ini Tentang suara ini modern Nahuatl pronunciation  adalah seorang bangsawan atau penguasa aztec yang dihormati, Tenoch hidup pada abad ke-empat belas ketika Orang - Orang Aztec melakukan perjalanan dari Aztlan ke Tenochtitlan. Orang-orang yang tinggal Tenochtitlan awalnya disebut sebagai orang Tenochca, lama - kelaman orang - orang yang tinggal di Tenochtitlan disebut sebagai orang Mexica.[1]

Tenoch adalah seorang kepala suku yang dihormati yang dipilih untuk berkuasa menjadi Pemipin Mexica oleh tetua - tetua Aztec Tenoch meninggal pada tahun 1375 Masehi, Para sejarawan Memiliki ketidaksepakatan apakah Tenoch adalah seorang tokoh mitologis atau pemimpin nyata Mexica yang kemudian menjadi mitologi.

Setelah melakukan perjalanan menuju selatan selama 200 tahun, Orang - orang Mexica menemukan sebuah tempat untuk tinggal yang berupa pulau kecil di Danau Texcoco. Untuk menghormati pemimpin mereka, mereka memberi nama pulau kecil di Danau Texcoco, Tenochtitlan. Tenochtitlan kemudian menjadi ibu kota Kekaisaran Aztec.

Simbol - simbol Aztec yang diambil dari namanya dapat ditemukan di bendera Mexico yaitu : Tetl, yang berarti batu dan Nochtli yang berarti Kaktus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ de San Antón Muñón Chimalpahin Cuauhtlehuanitzin 1579-1660., Domingo Francisco; Schroeder, Susan; de Gómara 1511-1564., Francisco López (2010). Chimalpahin's Conquest : A Nahua Historian's Rewriting of Francisco lo´pez de Go´mara's la Conquista de Me´xico. Stanford, Calif.: Stanford University Press. hlm. 444.