Tengku Lukman Sinar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tengku Lukman Sinar (27 Juli 1933) adalah tokoh Melayu Serdang yang memiliki pemikiran dan mempertahankan Kebudayaan Melayu di Sumatera Utara. Beliau merupakan keluarga bangsawan Melayu dari Kesultanan Serdang, putra dari pasangan Sultan Serdang V yaitu Tuanku Sulaiman Shariful Alamsyah dan encik Zahra. Beliau lahir di Istana Kota Galuh, Perbaungan. Beliau juga mengemban tugas sebagai kepala adat Kesultanan Serdang.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Beliau bersekolah di Herstel Lagere School di Medan dan kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas di SMA Ksatria Medan. Setelah tamat SMA, Tengku Lukman Sinar melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, dan sempat terputus karena kesibukan aktivitas dalam organisasi kebudayaan dan kepemudaan, namun tetap meneruskan pendidikan sampai jenjang sarjana. hal tersebut terbukti karena beliau berhasil memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan di Universitas Jayabaya di Jakarta pada tahun 1964.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mira Rozanna, Tengku (2015). "Pemikiran Kebudayaan Tengku Luckman Sinar (1933-2011)". Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. Diakses tanggal 14 Januari 2023.