Templat (format berkas)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam format berkas, sebuah templat dokumen merupakan fitur umum dari banyak aplikasi perangkat lunak yang mendefinisikan format berkas non-eksekutif yang unik dan khusus dirancang untuk aplikasi tertentu tersebut.

Templat[sunting | sunting sumber]

Format berkas templat adalah yang memiliki ekstensi berkas yang menunjukkan bahwa jenis berkas dimaksud dimaksudkan sebagai titik awal tinggi dari mana dapat dibuat berkas lainnya.

Simpan Sebagai ... kotak dialog berkas

Jenis berkas ini biasanya ditampilkan pada kotak dialog Simpan Sebagai ... berkas aplikasi.

Sebagai contoh, aplikasi pemrosesan kata Microsoft Word menggunakan ekstensi berkas yang berbeda untuk dokumen dan template: Pada Word 2003, ekstensi berkas .dot digunakan untuk menunjukkan sebuah template, berbeda dengan .doc untuk sebuah dokumen standar. Pada Word 2007 dan versi-versi setelahnya, menggunakan .dotx, alih-alih .docx untuk dokumen.

Format OpenDocument juga memiliki templat dalam spesifikasinya, dengan .ott sebagai ekstensi nama berkas untuk template OpenDocument Text.

Dalam Adobe Dreamweaver, ekstensi .dwt digunakan untuk menunjukkan sebuah template.

Templat Microsoft Word[sunting | sunting sumber]

Microsoft Word memungkinkan pembuatan templat tata letak dan konten. Template tata letak adalah panduan gaya untuk gaya berkas. Biasanya berisi bab yang menjelaskan cara menggunakan gaya dalam dokumen. Templat konten adalah dokumen yang menyediakan daftar isi. Ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Kata "Templat" di sini berarti "jenis berkas yang telah diformat sebelumnya yang dapat digunakan untuk dengan cepat membuat berkas tertentu". Semuanya seperti fon, ukuran, warna, dan gambar latar sudah diformat sebelumnya tetapi pengguna juga dapat mengeditnya. Kata "Templat" juga merujuk pada sumber di mana sampel yang sudah disiapkan disajikan. Pengguna dapat memilih untuk mengunduh template yang siap pakai daripada menghabiskan waktu untuk menyiapkannya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]