Tempest (film 1928)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempest
SutradaraSam Taylor, Lewis Milestone
ProduserJohn W. Considine Jr.
Joseph M. Schenck
Ditulis olehVladimir Nemirovich-Danchenko
C. Gardner Sullivan
PemeranJohn Barrymore
Camilla Horn
George Fawcett
Louis Wolheim
SinematograferCharles Rosher
PenyuntingAllen McNeil
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
  • 27 Mei 1928 (1928-05-27)
Durasi111 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Tempest (1928) adalah sebuah film cerita bisu yang disutradarai oleh Sam Taylor. Skenario film ini ditulis oleh V. I. Nemirovich-Dantchenko. William Cameron Menzies memenangkan penghargaan Academy Award untuk Penyutradaraan Seni Terbaik [1] untuk karyanya dalam film tersebut pada 1929, tahun pertama dari acara penghargaan tersebut. John Barrymore dan Camilla Horn membintangi film tersebut, bersama dengan Louis Wolheim.[2]

Film ini diarsipkan di George Eastman House (Rochester) dan UCLA Film And Television Archive (Los Angeles).[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini berlatarkan hari-hari terakhir Ketsaran Rusia yang menceritakan tentang seseorang dari desa, Ivan Markov, yang maju dan berkembang setelah masuk dalam tentara Rusia hingga mencapai pangkat Letnan. Hidupnya kemudian dipersulit oleh para aristokrat dan perwira-perwira lainnya di sekitarnya yang tidak senang atas kemajuannya.

Ivan jatuh cinta pada seorang putri Jenderal, Tamara. Dalam acara pesta ulang tahun Tamara, Ivan mabuk dan kemudian ditemukan dalam keadaan tidak sadar di kamar sang putri. Ia dijebloskan ke penjara, lalu dicopot dari pangkatnya. Tapi, setelah Perang Saudara Rusia dimulai dan akibat dari Teror Merah, keadaan berubah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film Tempest memperoleh penghargaan Academy Award untuk Tata Artistik Terbaik yang pertama bersama-sama dengan film tahun 1927 The Dove yang keduanya merupakan hasil karya William Cameron Menzies. Pada saat itu, penghargaan tersebut bernama Dekorasi Interior Terbaik.

Film itu juga dinominasikan untuk Sinematografi Terbaik atas hasil karya Charles Rosher.[1] Tapi, penghargaan tersebut akhirnya jatuh pada film Sunrise yang juga hasil karya Charles Rosher bersama dengan Karl Struss.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "NY Times: Tempest" (dalam bahasa bahasa Inggris). The New York Times. Diakses tanggal 2008-12-07. 
  2. ^ "Movie Detail: Tempest" (dalam bahasa bahasa Inggris). American Film Institute. Diakses tanggal 16-12-2015. 
  3. ^ "Tempest / Sam Taylor [motion picture]" (dalam bahasa bahasa Inggris). Library of Congress. Diakses tanggal 16-12-2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]