Teluk Dublin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Teluk Dublik di Pulau Irlandia

Teluk Dublin (bahasa Irlandia: Cuan Bhaile Átha Cliath, Inggris: Dublin Bay) adalah inlet berbentuk C dari Laut Irlandia di pantai timur Republik Irlandia. Teluk ini lebarnya sekitar 10 kilometer di sepanjang pangkalan utara-selatan, dan panjangnya 7 km ke puncaknya di pusat kota Dublin; membentang dari Howth Head di utara ke Dalkey Point di selatan. North Bull Island terletak di bagian barat laut teluk, di mana salah satu dari dua tepian pantai pasir utama terletak, dan memiliki pantai berpasir sepanjang 5 km, Dollymount Strand, di depan cagar alam unggas yang diakui secara internasional. Banyak sungai Dublin mencapai Laut Irlandia di Teluk Dublin: Sungai Liffey, dengan aliran Sungai Dodder menerima kurang dari 1 km ke pedalaman, Sungai Tolka, dan berbagai sungai dan aliran yang lebih kecil.

UNESCO telah menetapkan Teluk Dublin sebagai 'cagar biosfer' sebagai pengakuan atas habitat ekologis dan keanekaragaman biologinya yang unik.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sorcha Pollak (24 Juni 2015). "Dublin Bay awarded biosphere designation by UNESCO". The Irish Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Mei 2017. Diakses tanggal 25 April 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]