Teluk Bulan Madu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Teluk Bulan Madu
蜜月灣
Teluk Bulan Madu di pagi hari di musim panas
LetakTaiwan
Jenis perairanTeluk
Terletak di negara Taiwan
Peta

Teluk Bulan Madu atau dalam bahasa Tionghoa: 蜜月灣; pinyin: Mìyuè Wān adalah sebuah Teluk yang berbentuk tapal kuda [1]. Teluk Bulan Madu terletak di timur laut Taiwan dan menghadap ke Samudra Pasifik. Teluk ini merupakan salah satu atraksi wisata di Kotapraja Toucheng, Kabupaten Yilan dan terkenal di antara para peselancar karena ombaknya dan merupakan satu-satunya teluk dengan pantai berpasir di wilayah utara Taiwan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Teluk ini memiliki alamat di No. 66, Jalan Hexing, Kota Toucheng, Kabupaten Yilan, Taiwan bagian Utara. Pantai ini berdekatan dengan Sekolah Dasar Daxi dan dapat ditempuh berjalan kaki dari Stasiun Kereta Api Daxi.

Atraksi Utama[sunting | sunting sumber]

Peselancar di Teluk Bulan Madu di pagi musim panas.

Teluk Bulan Madu buka sepanjang tahun dan tidak terdapat bayaran untuk masuk ke area ini. Pengunjung bebas untuk berjalan di pasir, mengambil batu-batu bulat di sepanjang teluk atau mencari Kepiting Iblis. Terdapat batu karang di bagian utara dan selatan Teluk Bulan Madu dan merupakan pantai dengan tipe berombak setinggi 2-3 meter sehingga sering dimanfaatkan sebagai arena olahraga air dan tempat berselancar [2].

Di seberang lautan terdapat Pulau Guishan atau pulau penyu yang merupakan pulau dengan gunung berapi aktif di Taiwan.

Meskipun teluk ini memiliki perairan yang tenang namun tidak disarankan untuk anak kecil berenang tanpa pengawasan dikarenakan lapisan bawahnya yang berupa batuan tajam.

Pada 2014, Teluk Bulan Madu menjadi lokasi acara Burning Taiwan [3] yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan lokasi acara yang berganti-ganti. Untuk Taiwan sendiri, Burning Man selaku penyelenggara acara ini memiliki tema Turtle Burn, dimana peserta akan membakar sejumlah simbol untuk tujuan spiritual. Pada Mei 2021, Teluk Bulan Madu juga menjadi lokasi dari kegiatan Taiwan National Clean Up [4].

Fasilitas Pendukung[sunting | sunting sumber]

Di sekitar teluk terdapat banyak penginapan yang dapat di sewa dan terletak tepat di tepi pantai. Selain itu juga terdapat tempat penyewaan alat selancar dan olahraga lainnya. Aktivitas lainnya yang bisa dicoba adalah piknik atau berkemah di tepi pantai yang didukung oleh fasilitas keran air siap minum dan parkir gratis.

Terdapat reruntuhan Kuil Fengshan yang dapat dijadikan tempat berteduh apabila sedang hujan atau dijadikan tempat berkemah.

Sengketa Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Pada April 2011, terdapat rencana pengembangan pantai Teluk Bulan Madu seluas 107,4 hektar yang akan dilengkapi dengan pembangunan area rekreasi, hotel, villa dan lain-lain. Rencana AMDAL kegiatan ini diloloskan oleh Luoxo Construction dan Boai Enterprise untuk pengembangan Teluk Bulan Madu. Pada April 2014 kedua perusahaan ini mengajukan "Rencana Pembangunan Total Area Teluk Daxi dan Teluk Bulan Madu" dan mengirimkannya ke Kantor Manajemen Area Pemandangan Nasional Pantai Timur Laut untuk dicek dan diprediksi bahwa warga tidak akan tinggal diam dengan rencana ini [5].

Cara Menuju[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju Teluk Bulan Madu bisa menggunakan cara ini :

  1. Turun dari Stasiun Kereta Daxi dan berjalan kaki sejauh 1 km menuju pusat kota.
  2. Naik transportasi umum Guoguang 1737 (莺歌 石 - 头 城) dan turun di stasiun.
  3. Naik transportasi umum Guoguang 1740 (Stasiun Kereta Shuangxi - Stasiun Transfer Yilan) dan turun di stasiun.
  4. Naik transportasi umum Guoguang 17401811 (Stasiun Kereta Taipei - Luodong) atau 1812 (Stasiun Kereta Taipei - Australia Selatan) dan turun di stasiun.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Sekolah Dasar Daxi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. "Honeymoon Bay" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 April 2022. 
  2. "Honeymoon Bay beach" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 April 2022. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redaksi (2019). "Teluk Bulan Madu Daxi". Biro Pariwisata, Republik Tiongkok (Taiwan). Diakses tanggal 5 April 2022. 
  2. ^ Redaksi. "Teluk Bulan Madu". Kantor Manajemen Sudut Timur Laut dan Kawasan Pemandangan Alam Nasional Pantai Yilan. Diakses tanggal 5 April 2022. 
  3. ^ "台灣 Taiwan" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 April 2022. 
  4. ^ "Taiwan National Clean Up Day" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 April 2022. 
  5. ^ Boxuan, Wu (9 Juli 2014). "Zhan Shungui mengkritik EIA karena diam-diam melewati bea cukai, penduduk tidak akan duduk dan menonton". Liberty Times. Diakses tanggal 6 April 2022.