Teleskop refraktor ganda Zeiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Teleskop Refraktor Ganda Zeiss)
Lompat ke: navigasi, cari
Bosscha.jpg
Zeiss di waktu malam.JPG

Refraktor ganda Zeiss adalah teleskop paling besar yang ada di Observatorium Bosscha. Teleskop ini adalah jenis teleskop refraktor buatan Carl Zeiss Jena, sebuah pabrik pembuat alat optik terkenal di kota Jena, Jerman. Refraktor berarti bahwa teleskop tersebut menggunakan lensa (cembung) untuk mengumpulkan cahaya. Dikatakan ganda, karena di dalam tabung teleskop, sebenarnya terdapat dua buah teleskop yang masing-masing berdiameter 60 cm. Kedua teleskop tersebut adalah:

  1. Teleskop visual, sensitif pada panjang gelombang kuning/hijau, dengan titik api 10,78 m.
  2. Teleskop fotografi, sensitif pada panjang gelombang biru, dengan titik api 10,72 m.

Teleskop Zeiss ini memiliki daya pisah (resolving power) sebesar 0,23" dengan magnitudo terlemah yang masih bisa diamati (limiting magnitud) sebesar 14,6. Teleskop ini mulai beroperasi tahun 1928.

Teleskop Zeiss berada dalam sebuah gedung dengan kubah yang dapat berputar 360°. Pada kubah tersebut terdapat celah yang bisa membuka dan menutup (lihat gambar). Saat melakukan pengamatan, kubah diputar sedemikian rupa sehingga celah tersebut menghadap ke objek yang akan diamati. Dan teleskop diarahkan ke objek, mengamatinya lewat celah yang terbuka tersebut. Untuk kenyamanan pengamat, lantai teleskop bisa dinaik-turunkan sedemikian rupa disesuaikan dengan posisi teleskop. Lantai yang berdiameter 11,0 m ini dapat dinaikkan maksimum sampai 3,8 m dari posisi terendahnya.

Untuk pengamatan astronomi, Teleskop Zeiss dilengkapi dengan:

  • Planetary camera, untuk pengamatan planet
  • Kisi-kisi difraksi yang dipasang di depan teleskop (di depan lensa objektif teleskop)
  • Kamera CCD ST6 dengan sebuah unit PC. Dengan kamera CCD ini, Teleskop Zeiss dapat mengamati objek yang lebih lemah dari sebelumnya (dibandingkan dengan pengamatan fotografi biasa).

Dalam penelitian astronomi, Teleskop Zeiss ini dipergunakan untuk mengamati:

  • Bintang ganda visual
  • Penentuan paralaks
  • Gerak bintang/anggota gugus
  • Planet
  • Komet