Telegraf nirkabel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Telegraf nirkabel adalah telegrafi elektrik yang tidak membutuhkan kabel untung menghubungkan masing-masing perangkat. Telegraf nirkabel lebih dikenal dalam menyebutkan sistem radio telegrafi awal yang menggunakan komunikasi dalam bentuk gelombang radio. Meskipun saat pertama kali istilah ini muncul pada akhir abad ke 19 istilah ini juga merujuk pada berbagai teknik eksperimental dalam mengkomunikasikan telegraf secara nirkabel, seperti fotolistrik dan telegrafi induksi.[1][2]

Telegrafi nirkabel berarti kode morse yang di transmisikan melalui gelombang elektromagnetis, yang awalnya disebut 'Gelombang Hertz' dan sejak tahun 1910 disebut secara umum sebagai gelombang radio[3], membuatnya kemudian disebut sebagai readiotelegraf.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maver, William Jr. (1903). American Telegraphy and Encyclopedia of the Telegraph: Systems, Apparatus, Operation. New York: Maver Publishing Co. hlm. 333. 
  2. ^ Steuart, William Mott; et al. (1906). Special Reports: Telephones and Telegraphs 1902. Washington D.C.: U.S. Bureau of the Census. hlm. 118–119. 
  3. ^ earlyradiohistory.us, UNITED STATES EARLY RADIO HISTORY THOMAS H. WHITE, s e c t i o n 22, Word Origins-Radio

Pranala luar[sunting | sunting sumber]