Teknik tegangan tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teknik tegangan tinggi adalah cabang teknik listrik yang khusus membahas tentang tegangan tinggi. Lingkup kajiannya meliputi seluruh permasalahan yang dihasilkan oleh tegangan tinggi pada transmisi tenaga listrik. Teknik tegangan tinggi terbagi menjadi beberapa cabang keilmuan, antara lain studi tentang lucutan korona, teknik isolasi, serta tegangan lebih dan proteksinya.[1] Kajian teknik tegangan tinggi berkaitan dengan keberadaan tegangan tinggi, perubahan dari tegangan menengah ke tegangan tinggi, atau persoalan teknis akibat keberadaannya. Batas keilmuan teknik tegangan tinggi cukup rumit dibedakan dengan teknik transmisi tenaga listrik. Hal ini dikarenakan perkembangan keilmuannya cukup pesat. Pembahasan mengenai tegangan tinggi selalu menggunakan rujukan dengan teori-teori terbaru. Persoalan pertama dalam teknik tegangan tinggi berkaitan dengan teknik pembangkit dan pengujian tegangan tinggi yang melibatkan koordinasi isolasi. Persoalan ini berlanjut kepada hal teknis berupa gejala-gejala tegangan tinggi. Persoalan ketiga berkaitan dengan cara mengatasi gejala-gejala tegangan tinggi yang meliputi peralatan dan instrumentasi tegangan tinggi. Sedangkan persoalan terakhir, berkaitan dengan fenomena alam di sekitar lokasi tegangan tinggi. Persoalan ini umumnya membahas tentang surja hubung.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tobing, Bonggas L. (2012). Dasar-Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi (edisi ke-2). Jakarta: Penerbit Erlangga. hlm. 5. ISBN 978-602-241-029-4. 
  2. ^ Arismunandar, Artono (2001). Teknik Tegangan Tinggi (edisi ke-8). Jakarta: Pradnya Paramita. hlm. 5–6. ISBN 979-408-240-6.