Technoseum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Technoseum
Mannheim Technoseum 20100917.jpg
Didirikan1990
LokasiMannheim, Jerman
Situs webhttp://www.technoseum.de/

Technoseum (nama sebelumnya Museum Teknologi dan Tenaga Kerja, bahasa Jerman: Landesmuseum für Technik und Arbeit) di Mannheim adalah museum yang mencakup industrialisme dengan fokus pada industrialisasi di barat daya Jerman.[1] Technoseum adalah salah satu museum sains dan industri yang terbesar di Jerman. Museum ini juga memperlihatkan perubahan sosial dan ekonomi.[2]

Museum teknologi dan tenaga kerja di Mannheim ini dibuka pada tahun 1990 di sebuah bangunan modern yang dirancang oleh arsitek Berlin, Ingeborg Kuhler. Tujuannya adalah untuk menerangi proses industrialisasi selama dua abad terakhir di Baden-Würtemberg serta menyatukan sejarah teknologi dengan sejarah sosial dan ekonomi. Di antara 16 tema utamanya adalah pembuatan kertas dan percetakan, tekstil dan khususnya industri kapas di barat daya Jerman, rekayasa (termasuk pembangunan lokomotif), pembuatan mobil yang diilustrasikan oleh stasiun kerja otomatis dari pabrik Porsche, tenaga listrik, dan energi nuklir.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Destination Germany: Mannheim's Technoseum (and no, it's not a museum for techno music)". This Week in Germany. Diakses tanggal 7 November 2017. 
  2. ^ Pambudhy, Agung (5 Mei 2017). "Mengunjungi Technoseum Jerman". detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional. detikNews. Diakses tanggal 7 November 2017. 
  3. ^ "Technoseum. Museum of Technology and Labour". European Route of Industrial Heritage. Diakses tanggal 7 November 2017. 

.