Tayangan berbayar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tayangan berbayar (bahasa Inggris: pay-per-view atau disingkat PPV, harfiah: "bayar-per-tayangan") adalah sistem penyiaran di mana pemirsa televisi dapat membeli sesaat untuk melihat acara di TV, Acara ini akan ditampilkan pada saat yang sama untuk semua pemesanan, sistem ini memungkinkan pemirsa untuk melihat acara setiap saat. Tayangan ini dapat dibeli dengan menggunakan panduan pada layar atau melalui sebuah sistem telepon atau melalui perwakilan layanan berfitur, film, olahraga, film porno dan acara-acara "khusus" lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bentuk tayangan berbayar paling awal adalah televisi sirkuit tertutup, juga dikenal sebagai televisi teater, di mana siaran langsung tinju profesional dilakukan ke beberapa tempat, terutama bioskop, di mana penonton membayar tiket untuk menyaksikan pertarungan tersebut.[1][2] Pertarungan pertama yang disiarkan melalui televisi jenis ini adalah Joe Louis vs. Jersey Joe Walcott di tahun 1948.[3] Siaran televisi sirkuit tertutup mencapai puncaknya pada saat Muhammad Ali bertanding pada dekade 1960-an dan 1970-an,[1][2] dengan pertarungan "The Rumble in the Jungle" meraup 50 juta pembelian di seluruh dunia pada tahun 1974,[4] dan "Thrilla in Manila" yang meraup 100 juta pembelian di seluruh dunia pada tahun 1975.[5] Televisi sirkuit tertutup digantikan secara bertahap dengan televisi rumahan dengan tayangan berbayar pada dekade 1980-an dan 1990-an.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ezra, Michael (2013). The Economic Civil Rights Movement: African Americans and the Struggle for Economic Power. Routledge. hlm. 105. ISBN 9781136274756. 
  2. ^ a b c "History of Prizefighting's Biggest Money Fights". Bloody Elbow. SB Nation. 24 Agustus 2017. 
  3. ^ Television. Frederick A. Kugel Company. 1965. hlm. 78. Teleprompter's main-spring, Irving B. Kahn (he's chairman of the board and president), had a taste of closed circuit operations as early as 1948. That summer, Kahn, then a vice president of 20th Century-Fox, negotiated what was probably the first inter-city closed circuit telecast in history, a pickup of the Joe Louis-Joe Walcott fight. 
  4. ^ "Zaire's fight promotion opens new gold mines". The Morning Herald. 18 November 1974. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ali-frazier-3