Tarpit (jaringan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tarpit)


Tarpit dalam ilmu komputer dan jaringan, adalah sebuah pelayanan atau servis berupa server dalam sistem komputer yang berfungsi untuk menghambat atau menghentikan koneksi dalam proses pengiriman email spam yang terjadi pada komputer seseorang. Teknologi tarpit ini telah hadir untuk membantu orang-orang yang merasa kesulitan dengan penuhnya inbox dengan isi email yang tidak dibutuhkan Sistem ini dikenal dengan istilah lain dalam bahasa Jerman yaitu sistem Teergrube, yakni sistem yang membuat perangkap pada email-email spam agar fungsinya tidak dapat bekerja dengan baik. Sistem Teergrube kini sudah terpasang secara build in pada aplikasi-aplikasi MTA (Mail Transfer Agent) seperti Exim atau Postfi x.

Keuntungan[sunting | sunting sumber]

  • Tarpit memiliki perangkap yang dapat membuat proses pengiriman email spam menjadi berhenti total atau menjadi sangat lambat di tengah jalan
  • Melumpuhkan serangan email-email spam
  • Aman digunakan pada sistem komputer
  • Menerima dan meneruskan email dengan normal
  • Memperlambat atau bahkan melumpuhkan sesi-sesi komunikasi e-mail yang dianggapnya sebagai sebuah e-mail SPAM
  • Melumpuhkan sesi komunikasi email tersebut adalah dengan melakukan modifi kasi proses komunikasi e-mail

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Pada proses komunikasi TCP/IP, tarpit secara langsung menghambat komunikasi pada email dan memodifikasi dari level protokol TCP/IP tersebut pada sistem TCP penjendelaan komputer. Dalam satu kali sesi pengiriman, TCP penjendelaan ini akan melakukan proses yang mendeteksi banyaknya data yang dapat dikirimkan.

SMTP Tarpit[sunting | sunting sumber]

Protokol SMTP merupakan server di mana mencakup permintaan-permintaan seperti kata-kata yang terdiri dari empat huruf, MAIL, dan dengan jawaban-jawaban angka tiga digit pada sistem komputer yang bekerja dengan baik. Di baris terakhir jawaban, angka tersebut akan diikuti dengan spasi. Di baris-baris awal, angka tersebut akan diikuti dengan hyphen. Sebuah server email dapat memberi jawaban seperti ini, apabila pesan yang dicoba kirim adalah email spam:

451-Ophiomyia prima is an agromyzid fly

451-Ophiomyia secunda is an agromyzid fly

451-Ophiomyia tertia is an agromyzid fly

451-Ophiomyia quarta is an agromyzid fly

451-Ophiomyia quinta is an agromyzid fly

451-Ophiomyia sexta is an agromyzid fly

451-Ophiomyia septima is an agromyzid fly

451 Your IP address is listed in the DNSBL. Please try again later.

Sistem tarpit akan menunggu lima belas detik di antara waktu yang diperlukan di SMTP. Waktu ini akan membantu proses yang terjadi dalam SMTP pada kotak spammer sehingga proses komunikasi pada email-email spam pun dapat terhambat

Labrea[sunting | sunting sumber]

Sistem tarpit dimunculkan dari program komputer LaBrea yang dikembangkan oleh Tom Liston. Sistem ini dapat melindungi seluruh jaringan dengan sebuah tarpit dari sebuah mesin. Mesin tersebut mendengar permintaan untuk ARP yang tidak terjawab, kemudian menwabnya, menerima tanda SYN dari sebuah scanner dan mengirim sebuah AYN/ACK sebagai responsenya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]