Tanaman pangkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hewan dari tanaman pangkas di Tulcán, Ekuador

Tanaman pangkas atau topiari adalah praktik hortikultura yang melatih tanaman tahunan dengan memotong dedaunan dan ranting pohon, semak, dan subsemak untuk mengembangkan dan mempertahankan bentuk yang jelas, [1] baik geometris maupun indah. Istilah ini juga mengacu pada tanaman yang dibentuk dengan cara ini. Sebagai suatu bentuk seni, ini adalah jenis patung hidup . Kata ini berasal dari kata Latin untuk tukang kebun lanskap hias, topiarius, pencipta topia atau "tempat", sebuah kata Yunani yang juga diterapkan oleh orang Romawi pada lanskap dalam ruangan fiktif yang dibuat dalam lukisan dinding .

Tanaman yang digunakan dalam tanaman pangkas adalah tanaman yang selalu hijau, sebagian besar berkayu, mempunyai daun atau jarum kecil, menghasilkan dedaunan yang lebat, dan memiliki kebiasaan pertumbuhan yang kompak dan/atau berbentuk kolom (misalnya fastigiate). Spesies umum yang dipilih untuk tanaman pangkas termasuk kultivar boks Eropa ( Buxus sempervirens ), arborvitae (spesies Thuja ), dafnah ( Laurus nobilis ), holly (spesies Ilex ), murad (spesies Eugenia atau Myrtus ), yew (spesies Taxus ), dan privet ( Spesies ligustrum ).[2] Sangkar kawat berbentuk kadang-kadang digunakan dalam pemangkasan modern untuk memandu gunting yang tidak terlatih, tetapi tanaman pangkas tradisional bergantung pada kesabaran dan tangan yang mantap; tanaman rambat berdaun kecil dapat digunakan untuk menutupi sangkar kawat dan memberikan tampilan tanaman pangkas dalam beberapa bulan. Pagar tanaman adalah bentuk tanaman pangkas sederhana yang digunakan untuk membuat pembatas, dinding, atau layar.

Referensi dan sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coombs, Duncan; Blackburne-Maze, Peter; Cracknell, Martyn; Bentley, Roger (2001), "9", The Complete Book of Pruning (edisi ke-illustrated), Sterling Publishing Company, hlm. 99, ISBN 978-1-84188-143-0 
  2. ^ A list of common subjects, including the now rarely used Phillyrea common in 17th-century topiary, forms the second part of Miles Hadfield, Topiary and Ornamental Hedges (London) 1971.