Taman nasional di Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taman nasional di Taiwan adalah ruang yang dilindungi untuk alam, satwa liar, dan sejarah di bawah yurisdiksi mereka saat ini. Saat ini ada sembilan taman nasional di Taiwan, semuanya berada di bawah administrasi Kementerian Dalam Negeri . Taman nasional ini mencakup 7.489,49 kilometer persegi (2.891,71 sq mi). [1] Total luas daratan seluas 3.103,76 kilometer persegi (1.198,37 sq mi) merupakan sekitar 8,6% dari seluruh luas daratan negara.

Taman nasional pertama ditetapkan untuk didirikan pada tahun 1937, ketika Taiwan berada di bawah kekuasaan Jepang , meskipun tidak pernah secara resmi dikelola seperti itu. [2] Setelah Perang Dunia II , seruan untuk melindungi lingkungan alam mendapat tentangan karena memprioritaskan pembangunan ekonomi. [3] Undang-Undang Taman Nasional disahkan pada tahun 1972 dan taman nasional pertama didirikan pada tahun 1984. [4]

Taman nasional tidak boleh disamakan dengan kawasan pemandangan nasional . Kawasan pemandangan nasional dikelola oleh Biro Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi . [5] Ada juga filosofi berbeda yang mengatur pengembangan kedua jenis wilayah tersebut. Untuk taman nasional, penekanannya adalah pada pelestarian sumber daya alam dan budaya, dengan pembangunan untuk pemanfaatan manusia menjadi prioritas kedua. [5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Taman nasional pertama ( , Kokuritsu Kōen ) di Taiwan direncanakan pada 27 Desember 1937 oleh Gubernur Jenderal Seizō Kobayashi (小林躋造) . Saat itu Taiwan berada di bawah kekuasaan Jepang , sehingga ketiga taman nasional tersebut menjadi taman nasional Kekaisaran Jepang .

Taman nasional saat ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini ada sembilan taman nasional di Taiwan . Ada juga satu taman alam nasional, yang dirancang untuk area dengan sumber daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan taman nasional penuh.

Taman nasional yang diusulkan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]