Taman Wisata Ngembag

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Taman Wisata Ngembag adalah salah satu lokasi wisata alam yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo.[1] Secara bahasa Embag merupakan tempat yang becek dan penuh dengan air. Sehingga daerah ini dinamakan dengan Ngembag. Di Taman Wisata Ngembag ini memiliki sebuah telaga kecil yang tidak pernah kering airnya. Taman Wisata Ngembag berlokasi di Desa Ronowijayan, Kecamatan Siman,

Kabupaten Ponorogo. Lokasi Taman Wisata Ngembag ini mudah dijangkau dari pusat kota sehingga tetap ramai baik di hari biasa maupun di hari libur.

Taman Wisata Ngembag ini seringkali menjadi tujuan wisata masyarakat lokal di akhir pekan. Di sekitarnya ditumbuhi dengan berbagai macam pepohonan yang menambah sejuknya lokasi wisata. Tak jarang tempat ini juga digunakan sebagai lokasi outbond dan kegiatan outdoor lainnya baik dari individu dan kelompok dikarenakan Taman Wisata Ngembag juga dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa mengakomodir berbagai macam jenis kegiatan.

Taman Wisata Ngembag pada mulanya merupakan sebuah sumber air (sendang) yang berkaitan erat dengan kisah Warok Suromenggolo yang merupakan salah satu legenda rakyat Ponorogo. Dikisahkan bahwa sumber air Ngembag muncul sebagai akibat dari kuatnya tenaga dari suatu pertarungan yang dilakukan oleh Warok Suromenggolo. Hal ini dikarenakan Warok Suromenggolo adalah seorang yang sakti mandraguna.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biografi/profil Bupati Dan Walikota Seluruh Indonesia. 2005.