Talmai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Talmai (bahasa Ibrani: תלמי)merupakan salah satu nama yang terdapat dalam Alkitab. Dalam Alkitab terdapat beberapa keterangan mengenai nama ini.

Tokoh Alkitab[sunting | sunting sumber]

  1. Seorang Kanaan yang tinggal di daerah Hebron. Nama itu juga berkaitan dengan Yosua dalam kitab Yosua. Dalam kitab ini dijelaskan bahwa Kaleb menghalau atau mengusir orang-orang dari suku Enak, yang salah satunya adalah Talmai. Ia mempunyai saudara bernama Sesai dan Ahiman. Hal ini ditunjukkan dalam Yosua 15:14 dan Bilangan 13:22.[1]
  1. Anak Amihur raja negeri Gesur yang dicatat dalam kitab 2 Samuel.[2] Ia merupakan salah seorang anak dari Amihur yang juga merupakan raja dari Gesur. Ia juga hidup sezaman dengan Daud, raja orang Israel. Talmai dalam kitab 2 Samuel mempunyai hubungan erat dengan Daud. Hal ini dikarenakan Daud menikahi anak perempuannya yang bernama Maakha yang melahirkan Absalom dan Tamar bagi Daud. Jadi Absalom dan Tamar adalah cucu Talmai.[3][4][5] Sesudah menyuruh bunuh Amnon, Absalom melarikan diri kepada Talmai di Gesur (2 Samuel 13:37). Putri Absalom bernama "Tamar" menikah dengan Uriel dari Gibea (2 Tawarikh 13:2) dan melahirkan seorang putri bernama "Maakha" (atau "Mikhaya"), yang menjadi istri kesayangan Rehabeam bin Salomo, dan melahirkan beberapa putra, termasuk Abia yang kelak menggantikan ayahnya sebagai raja Yehuda.[6]

Sumber di luar Alkitab[sunting | sunting sumber]

Nama Talmai (nama bangsa Huria?) muncul dalam naskah-naskah Ugarit dan Alalah abad 14 sM, dan di kemudian hari sebagai nama Nabatea.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hakim-hakim 1:10
  2. ^ 2 Samuel 3:3; 1 Tawarikh 3:2; 2 Samuel 13:37
  3. ^ 1 Tawarikh 3:2
  4. ^ (Inggris) Allen C. Myers. 1987. The Eerdmans Bible Dictionary. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans. Hlm 13-15.
  5. ^ (Inggris) James Hastings. 1963. Dictionary Of The Bible. New York: Charles Scribner's Sons. Hlm 7.
  6. ^ Yosefus, Flavius. Ant., 8:10.§ 1. Kutipan: ia [Rehabeam] juga menikahi seorang lain setingkatnya, yang adalah putri Absalom melalui Tamar, yang bernama Maakha, dan darinya ia mempunyai seorang putra yang diberinya nama Abia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]