Talbinah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bubur talbinah

Talbinah adalah makanan yang terbuat dari tepung gandum, biasanya dibuat dengan menambahkan susu dan madu atau juga bubuk barley kering. Dinamakan talbinah, konon dikarenakan ia memiliki kemiripan dengan susu (al-laban), yaitu karena sifatnya yang lembut dan putih.

Talbinah sebagai obat Nabawi[sunting | sunting sumber]

Dalam Islam, terdapat riwayat dari Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam bahwa talbinah dapat membantu meringankan kondisi psikologis orang yang sedang bersedih. Sebagaimana dalam hadits:

Bahwasanya apabila salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia, maka berkumpullah para wanita. Kemudian mereka berpisah, kecuali keluarga dan orang-orang tertentu. Setelah itu, ia (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) menyuruh diambilkan seperiuk talbinah. Lalu dia memasak dan membuat tsariid. Kemudian dia menuangkan bubur talbinah tersebut di atasnya. Setelah itu, ia berkata: “Makanlah bubur ini! Sesungguhnya, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih"[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ HR. Bukhari (5417, 5689, 5690), Muslim (2216)


Pranala luar[sunting | sunting sumber]