Taksonomi tanah USDA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh peta jenis tanah Provinsi Sumatera Utara

Kata tanah seperti banyak kata umum lainnya, memiliki beberapa makna. Dalam arti tradisionalnya, tanah adalah media alami alami untuk pertumbuhan tanaman darat, baik yang memiliki atau tidak memiliki cakrawala tanah yang dapat dilihat. Makna ini masih merupakan makna yang umum dan minat terbesar pada tanah adalah berpusat pada makna ini.[1]

Orang menganggap tanah penting karena mendukung tanaman yang memasok makanan, serat, obat-obatan, dan kebutuhan manusia lainnya dan karena tanah menyaring air dan mendaur ulang limbah. Tanah menutupi permukaan bumi sebagai sebuah kontinum, kecuali pada batu gundul, di daerah yang selalu membeku atau di perairan dalam, atau di es gletser yang gundul. Dalam pengertian ini, tanah memiliki ketebalan yang ditentukan oleh kedalaman perakaran tanaman. Sekitar tahun 1870, sebuah konsep baru tentang tanah diperkenalkan.[1]

Sistem taksonomi tanah yang diterbitkan oleh USDA tahun 1975 dengan judul "Soil Taxonomy, A Basic System of Soil Classification for Making and Interpreting Soil Survey" merupakan sistem klasifikasi tanah yang banyak dikenal di seluruh dunia.[2]

Sistem taksonomi dari USDA terus dikembangkan dengan diterbitkannya seri buku secara berurutan pada setiap dua tahun mulai tahun 1990, dan berakhir pada tahun 2006. Banyak negara mengembangkan dan menggunakan sistem klasifikasi tanah nasional masing-masing tetapi "Soil Taxonomy" tetap dipelajari, bahkan dijadikan bahan pembanding untuk mengorelasikan dengan satuan-satuan tanah yang dimilikinya.[2]

Satuan-satuan taksonomi tanah USDA merupakan alat komunikasi yang baik karena mencakup berbagai tingkatan skala pemanfaatan mulai dari skala detail hingga global.[2]

Kategori taksonomi tanah USDA[sunting | sunting sumber]

Ordo: Terdiri dari 12 satuan. Faktor pembeda pada kategori ordo adalah ada tidaknya horison diagnostik, dan atau susunan horizon diagnostik serta sifat diagnostik yang lain bukan merupakan horison.

Alfisol - tanah dengan kandungan aluminium dan besi. Tanah ini memiliki cakrawala akumulasi tanah liat, dan terbentuk di tempat yang cukup lembab dan hangat untuk pertumbuhan tanaman setidaknya selama tiga bulan. Tanah ini merupakan 10% dari tanah di seluruh dunia.

Andisol - tanah abu vulkanik. Tanah ini adalah tanah yang masih muda. Tanah ini mencakup 1% dari permukaan bebas es di dunia.

Aridisol - tanah kering yang terbentuk di bawah kondisi gurun yang memiliki kelembapan kurang dari 90 hari berturut-turut selama musim tanam dan tidak tercuci. Tanah ini mencakup hampir 12% tanah di Bumi. Pembentukan tanahnya lambat, dan akumulasi bahan organiknya langka. Tanah ini mungkin memiliki zona bawah permukaan berupa caliche atau duripan. Banyak aridisol yang memiliki cakrawala Bt yang berkembang dengan baik yang menunjukkan pergerakan tanah liat dari masa lalu yang memiliki kelembapan yang lebih tinggi.

Entisol - tanah yang baru terbentuk dan tidak memiliki horizon yang berkembang dengan baik. Umumnya ditemukan pada endapan sungai dan pantai yang tidak terkonsolidasi dari pasir dan tanah liat atau abu vulkanik, beberapa memiliki cakrawala A di atas batuan dasar. Jumlahnya mencapai 18% dari tanah di seluruh dunia.

Gelisol - tanah permafrost dengan lapisan es dalam jarak dua meter dari permukaan atau bahan gelisol dan lapisan es dalam jarak satu meter. Tanah ini mencakup 9% tanah di seluruh dunia.

Histosol - tanah organik, yang sebelumnya disebut tanah rawa, merupakan 1% dari tanah di seluruh dunia.

Inceptisol - tanah yang masih muda. Tanah ini memiliki formasi horizon bawah permukaan tetapi menunjukkan sedikit eluviasi dan iluviasi. Tanah ini merupakan 15% dari tanah di seluruh dunia.

Mollisol - tanah yang lembut, dalam, dan gelap yang terbentuk di padang rumput dan beberapa hutan kayu keras dengan cakrawala A yang sangat tebal. Tanah ini merupakan 7% dari tanah di seluruh dunia.

Oxisol - sangat lapuk, kaya akan besi dan aluminium oksida (seskuoksida) atau kaolin tetapi rendah silika. Tanah ini hanya memiliki sedikit unsur hara karena curah hujan tropis yang tinggi dan suhu yang tinggi serta KTK yang rendah dari tanah liat yang tersisa. Tanah ini mencakup 8% dari tanah di seluruh dunia.

Spodosol - tanah asam dengan lapisan koloid organik yang terkompleks dengan besi dan aluminium yang tercuci dari lapisan di atasnya. Tanah ini merupakan tanah khas hutan jenis konifera dan hutan gugur di daerah beriklim dingin. Tanah ini merupakan 4% dari tanah di seluruh dunia.

Ultisol - tanah asam di daerah tropis dan subtropis yang lembab, yang kekurangan kalsium, magnesium dan kalium (nutrisi penting bagi tanaman). Tanah ini sangat lapuk, tetapi tidak selapuk Oxisols. Tanah ini membentuk 8% dari tanah di seluruh dunia.

Vertisol - tanah terbalik. Tanah ini kaya akan tanah liat dan cenderung membengkak saat basah dan menyusut saat kering, sering kali membentuk retakan yang dalam di mana lapisan permukaannya bisa jatuh. Tanah ini sulit untuk ditanami atau untuk membangun jalan dan bangunan karena tingkat pemuaiannya yang tinggi. Tanah ini merupakan 2% dari tanah di seluruh dunia.

Rezim temperatur tanah[sunting | sunting sumber]

Rezim temperatur tanah

Rezim suhu tanah, seperti dingin, mesik, dan termik, digunakan untuk mengklasifikasikan tanah pada beberapa tingkat yang lebih rendah dari Taksonomi Tanah. Rezim suhu kriogenik membedakan beberapa kelompok yang lebih tinggi. Rezim ini didasarkan pada suhu tanah tahunan rata-rata (MAST), suhu rata-rata musim panas, dan perbedaan antara suhu rata-rata musim panas dan musim dingin, semuanya pada kedalaman tanah 50 cm. Biasanya diasumsikan bahwa MAST (dalam °C) sama dengan jumlah suhu udara tahunan rata-rata ditambah 2 °C. Jika perbedaan antara rata-rata suhu musim panas dan musim dingin kurang dari 6 °C, maka tambahkan "Iso" di depan nama kelas suhu tanah.

Rezim temperatur tanah Interval temperatur
Pergelic ~ -8 °C sampai -4 °C
Subgelic ~ -4 °C sampai 0 °C
Frigid ~ 0 °C sampai 8 °C
Mesic 8 °C sampai 15 °C
Thermic 15 °C sampai 22 °C
Hyperthermic 22 °C atau lebih tinggi

Rezim kelembaban tanah[sunting | sunting sumber]

Distribusi global rezim kelembaban tanah

Rezim kelembaban tanah, yang sering kali mencerminkan faktor iklim, merupakan penentu utama produktivitas ekosistem darat, termasuk sistem pertanian. Rezim kelembaban tanah ditentukan berdasarkan tingkat permukaan air tanah dan jumlah air tanah yang tersedia untuk tanaman selama tahun tertentu di wilayah tertentu. Beberapa kelas rezim kelembaban digunakan untuk mengkarakterisasi tanah. Kategori-kategori ini merupakan pengubah terminologi pada tingkat subordo karakterisasi tanah.

Rezim Kelembaban Tanah Karakteristik Utama
Aquic Tanah jenuh dengan air dan hampir bebas dari gas oksigen untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga terdapat bukti aerasi yang buruk (berkilau dan berbintik-bintik); umum terjadi di lahan basah.
Udic Kelembaban tanah cukup tinggi sepanjang tahun- sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan tanaman; umum terjadi di daerah lembab.
Ustic Kelembaban tanah berada di antara rezim Udik dan Arid; umumnya, tanaman-memiliki kelembaban yang tersedia selama musim tanam, tetapi periode kekeringan yang parah dapat terjadi; umum terjadi di daerah semi-kering.
Aridic Tanah kering selama setidaknya setengah musim tanam dan lembab selama kurang dari 90 hari berturut-turut; umum terjadi di daerah gersang (gurun).
Xeric Rezim kelembaban tanah ditemukan di Mediterania- tipe iklim, dengan musim dingin yang sejuk dan lembab dan musim panas yang hangat dan kering. Seperti halnya Rezim Ustic, iklim ini ditandai dengan periode kekeringan yang panjang di musim panas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b United States Department of Agriculture (1999). Soil Taxonomy: A Basic System of Soil Classification for Making and Interpreting Soil Surveys (PDF). Washington, DC: The United States Department of Agriculture (USDA). hlm. 9. 
  2. ^ a b c Junun Sartohadi, Suratman, Jamulya, Nur Indah Sari Dewi (2013). Pengantar Geografi Tanah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hlm. 120. ISBN 9786022291190. 


Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Situs website USDA https://www.nrcs.usda.gov/getting-assistance/technical-assistance/manure-and-nutrient-management