Taksonomi bakteri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taksonomi bakteri adalah subbidang taksonomi yang ditujukan untuk mengklasifikasikan spesimen bakteri ke dalam tingkatan taksonomi.

Dalam klasifikasi ilmiah (taksonomi) yang dibuat oleh Carolus Linnaeus,[1] setiap spesies dimasukkan ke dalam genus sehingga menghasilkan tata nama biologi. Nama ini menunjukkan dua tingkat terendah dalam hierarki peringkat, pengelompokan spesies yang semakin besar berdasarkan ciri-ciri umum. Dari peringkat tersebut, domain merupakan tingkat kategorisasi yang paling umum. Saat ini, para ilmuwan mengklasifikasikan semua kehidupan ke dalam tiga domain saja, yaitu Eukariota, Bakteri, dan Arkaea.[2]

Taksonomi bakteri adalah klasifikasi strain dalam domain Bakteri ke dalam hierarki kemiripan. Klasifikasi ini mirip dengan tumbuhan, mamalia, dan taksonomi lainnya. Namun, para ahli biologi yang berspesialisasi dalam bidang berbeda telah mengembangkan konvensi taksonomi yang berbeda dari waktu ke waktu. Misalnya, ahli taksonomi bakteri memberi nama jenis (tipe) berdasarkan deskripsi galur (strain). Ahli zoologi antara lain menggunakan spesimen tipe sebagai gantinya.

Keberagaman[sunting | sunting sumber]

Bakteri (prokariota, bersama dengan Arkea) memiliki banyak kesamaan. Kesamaan ini termasuk ketiadaan membran inti, uniseluler, pembelahan dengan pembelahan biner, dan umumnya berukuran kecil. Berbagai spesies dapat dibedakan melalui perbandingan beberapa ciri, sehingga memungkinkan identifikasi dan klasifikasi. Contohnya meliputi:

  • Filogeni : Semua bakteri berasal dari nenek moyang yang sama dan terdiversifikasi sejak saat itu, dan akibatnya memiliki tingkat keterkaitan evolusioner yang berbeda (lihat Filum Bakteri dan Garis Waktu Evolusi)
  • Metabolisme: Bakteri yang berbeda mungkin memiliki kemampuan metabolisme yang berbeda (lihat Metabolisme mikroba)
  • Lingkungan: Bakteri yang berbeda berkembang biak di lingkungan yang berbeda, seperti suhu tinggi/rendah dan garam (lihat Ekstremofil)
  • Morfologi : Terdapat banyak perbedaan struktural antara bakteri, seperti bentuk sel, pewarnaan Gram (jumlah lapisan ganda lipid) atau komposisi lapisan ganda (lihat Morfologi seluler bakteri, Struktur sel bakteri)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Linnaeus, Carl (1735). Systemae Naturae, sive regna tria naturae, systematics proposita per classes, ordines, genera & species. 
  2. ^ Woese, C. R.; Kandler, O.; Wheelis, M. L. (1990). "Towards a natural system of organisms: proposal for the domains Archaea, Bacteria, and Eucarya". Proceedings of the National Academy of Sciences. 87 (12): 4576–4579. Bibcode:1990PNAS...87.4576W. doi:10.1073/pnas.87.12.4576. PMC 54159alt=Dapat diakses gratis. PMID 2112744.