Taeniidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taeniidae
Taenia hydatigena
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Taeniidae

Ludwig, 1886
Genus

Taeniidae /tɪˈn.ɪd/ adalah sebuah keluarga cacing pita (Kelas Cestoda), dan merupakan keluarga terbesar dalam ordo Cyclophyllidea.[2] Cacing ini mencakup banyak spesies yang memiliki kepentingan medis dan kedokteran hewan, seperti Taenia solium (cacing pita babi), Taenia saginata (cacing pita daging sapi), dan Echinococcus granulosus. Taeniidae merupakan parasit mamalia dan banyak yang menular ke manusia.

Siklus Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Taeniidae dibedakan berdasarkan siklus hidupnya di darat, yang meliputi tahap tidak aktif (disebut metacestode). Taeniidae berkembang di jaringan inang perantara setelah telurnya dikonsumsi. Telurnya menetas menjadi onkosfer, yang melewati dinding usus dan membentuk metacestode. Contohnya adalah sistiserkoid, sistiserkus, atau kista hidatidosa. Inang definitif terinfeksi ketika metacestode dikonsumsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nakao, Minoru; Lavikainen, Antti; Iwaki, Takashi; Haukisalmi, Voitto; Konyaev, Sergey; Oku, Yuzaburo; Okamoto, Munehiro; Ito, Akira (2013). "Molecular phylogeny of the genus Taenia (Cestoda: Taeniidae): Proposals for the resurrection of Hydatigera Lamarck, 1816 and the creation of a new genus Versteria". International Journal for Parasitology. 43 (6): 427–437. doi:10.1016/j.ijpara.2012.11.014. ISSN 0020-7519. 
  2. ^ "taeniid". www.aavp.org. 16 July 2014. Diakses tanggal 20 February 2019. 

.