Tablet Android Vizio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tablet Android Vizio merupakan tablet berbasis android dan smartphone pertama yang diciptakan oleh perusahaan elektronik Vizio, produsen televisi terkemuka asal California, Amerika Serikat. Meskipun perusahaan ini belum terlalu memiliki nama di indusri teknologi, tetapi telah mampu memproduksi suatu produk canggih yang melebihi teknologi android lainnya. Perusahaan ini merupakan yang pertama mengeluarkan tablet Android dengan prosesor tercepat di dunia,dan baru diperkenalkan secara resmi pada acara pameran elektronik terbesar Amerika Serikat, Customer Electronic Show ( CES ) yang berlangsung di Las Vegas pada 7 Januari 2013.1

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Di zaman digital sekarang ini, persaingan produsen dalam memasarkan tablet terbilang cukup ketat. Tablet dengan segala fitur dan variasi unggulan membuat para konsumen elektronik harus jeli dan teliti sebelum memilihnya. Tablet Android Vizio muncul menawarkan fitur unggulan yang belum dimiliki oleh kebanyakan tablet lain, salah satunya adalah tablet android Vizio menggunakan prosesor tercepat di dunia, Nvidia Tegra 4.

Profil Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan elektronik Vizio yang terletak di California, Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 2002 oleh William Wang, yang kemudian dibantu oleh dua karyawan pertamanya yaitu Laynie Newsome dan Ken Lowe.2 Vizio terkenal dengan produk TV LCD berharga terjangkau, Selain itu, Vizio juga memproduksi perangkat audio untuk rumah, pemutar multimedia, dan komputer pribadi. Meskipun tergolong perusahaan baru dan belum memiliki nama besar dalam industri teknologi, Vizio telah berhasil dan berani memproduksi tablet berbasis android dan smartphone yang bersaing dengan Iphone Apple dan Iphone. Rencana perusahaan ini adalah mengintegrasikan perangkat baru, yakni tablet dan smartphone dengan fitur populer definisi tinggi televisi, dimana tablet dan smartphone tersebut akan mampu mengontrol televisi atau perangkat elektronik lainnya melalui penggunaan sensor inframerah.3

Produk[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Vizio resmi meluncurkan dua tablet pertamanya pada acara pameran Customer Electronic Show ( CES ) yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat.Kedua tablet tersebut adalah:

Vizio's with Nvidia's Tegra 4 Mobile Processor[sunting | sunting sumber]


Tablet Android Vizio 10 inci dengan prosesor Nvidia Tegra 4

Disebut-sebut sebagai tablet pertama yang menggunakan prosesor tercepat di dunia saat ini, Nvidia Tegra 4. Tegra adalah serangkaian sistem pada chip yang dikembangkan oleh Nvidia untuk perangkat mobile seperti smartphone, personal digital assistant, dan perangkat internet mobile. Tegra mengintegrasikan arsitektur ARM Central Processing Unit (CPU), Graphics Processing Unit (GPU),northbridge, southbridge, dan memory controller ke satu paket. Seri ini menekankan konsumsi daya rendah dan kinerja tinggi untuk memutar audio dan video.

Nvidia Tegra 4 ini baru juga dirilis empat hari sebelum peluncuran resmi Tablet Vizio ini di acara CES Las Vegas, Amerika Serikat 7 Januari lalu. Tegra 4 secara fungsional memadukan SoC dengan CPU quad-core, mencakup kekuatan kelima Cortex rendah A15 yang tidak terlihat oleh OS dan bertugas untuk menghemat daya . Grafis pada SoC dikatakan sekitar duapuluh kali lebih cepat dari Tegra 2 dan 6 kali lebih cepat dari Tegra 3.

Kehebatan prosesor Nvidia Tegra 4 ini adalah prosesor pertama yang menerapkan 4 core dalam Central Processing Unit (CPU) berbasis arsitektur ARM A15 dimana keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadu dengan 72 core dalam graphics processing unit (GPU) yang diklaim memberi kinerja enam kali lebih cepat dibandingkan prosesor pendahulunya, yaitu Tegra 3. Bahkan, Tegra 4 diklaim oleh CEO Nvidia Jen-Hsun Huang sebagai prosesor mobile terkencang di dunia saat ini.4

Prosesor Nvidia Tegra 4

Fitur andalan lain adalah kompatibilitas dengan teknologi 4G LTE dari Nvidia dan dukungan Nvidia Computational Photography Architecture yang sangat memungkinkan pengguna untuk mengambil foto High Dynamic Range ( HDR ) atau kualitas foto dengan range yang luas dalam satu kali jepretan yang dikenal dengan sebutan Nvidia One Shoot HDR.

Lebih tepatnya, kamera pada perangkat Nvidia Tegra 4 mengambil dua gambar dalam waktu 0,2 detik untuk dikombinasikan menjadi sebuah gambar dengan retang dynamic range yang luas. Kecepatan pengambilan gambar ini diklaim bisa menghilangkan masalah bayangan pergerakan objek yang kerap muncul pada foto HDR.

Tablet Android Vizio ini memiliki layar sebesar 10 inci dengan resolusi tinggi, yaitu 2.560 x 1.600 pixel . Semua perangkat keras itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean). Media penyimpan data sebesar 32 GB tersedia port MicroHDMI, MicroUSB, serta konektivitas nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth. Kamera depan sebesar 5.0 Megapixel dan kamera depan 1.3 pixel. Walaupun tampilan tablet ini dibungkus plastic dengan edge yang cukup tajam yang mengingatkan pada ketipisan dan PC yang menyala, tetapi yang menjadi perdebatan adalah apakah di dalamnya digunakan alumunium.5

Dengan fitur seperti disebutkan di atas, sayangnya kita tidak bisa melihat hal lain yang bisa dilakukan oleh Nvidia Tegra 4; prototipe Vizio yang terdapat pada software terlalu pendek untuk diamati, dan software juga belum sepenuhnya memenuhi harapan.5

Sistem pengoperasian yang dimiliki tablet Vizio ini tak dapat memainkan game dengan resolusi tinggi. Selain itu, Vizio tidak melakukan kostumisasi pada tampilan antarmuka sistem operasi karena Android 4.2 ( Jelly Bean ) dinilai sudah baik untuk urusan tampilan. Hingga kini, pihak perusahaan belum mengumumkan harga yang sesuai untuk tablet ini, pun juga untuk pasar yang akan dituju.

Vizio's Windows 8 tablet[sunting | sunting sumber]



Tablet Vizio 11.6 inci dengan Windows 8

Komputer tablet ini menggunakan sistem operasi Windows 8 besutan Microsoft yang menjalankan full windows bukan windows RT dan dilengkapi dengan prosesor AMD ( Advance Micro Devices ) serta layar Full HD. Tablet ini berukuran 11.6 inch dengan resolusi layar sentuh 1.920 x 1.080 pixel. Prosesor AMD yang digunakan prosesor AMD ( Advanced Micro Devices ) yang digunakan adalah seri dual-core seri Z-60 kecepatan 1GHz, maka tak heran bahwa tablet ini memiliki resolusi layar tinggi dan mengingat fitur- fitur segar yang ditawarkan oleh Windows 8, hal ini merupakan perpaduan yang cukup istimewa.6

Keberadaan Windows 8 yang dijalankan ini sudah disampaikan melalui Microsoft Signature Install tanpa bloatware, sehingga sangat dimungkinkan untuk memasang berbagai aplikasi dekstop ataupun game yang cukup berat karena dapat dipastikan tidak akan mengganggu kinerja dari tablet ini. Terlebih lagi, karena terdapat memori tambahan 2GB RAM di dalamnya.

Media penyimpanan data yang digunakan untuk tablet ini berjenis Solid State Drive (SSD) sebesar 64GB sehingga mampu membuat transfer data perangkat tablet ini lebih cepat dengan dukungan RAM 2GB dan tersedianya port USB, mMicro, serta Micro HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk mentransfer data video terkompresi atau data terkompresi audio digital dari perangkat HDMI-compliant (perangkat sumber) ke perangkat audio digital yang kompatibel, monitor komputer, proyektor video, atau televisi digital. Selain itu handset telah dilengkapi dengan prosesor dengan kecepatan 1 GHz, memori 2 GB RAM, kapasitas penyimpanan file internal 4 GB dan masih bisa ditambah dengan microSD. Ada juga konektivitas nirkabel Wi-Fi 802.11b/g/n dan Bluetooth.

Kelemahan dari tablet Vizio ini yakni hanya memiliki satu kamera belakang 2 Megapixel, sehingga tidak bisa dipakai untuk WebCam. Selain itu, kisaran harga dari tablet ini dan waktu pemasaranya belum disebutkan, sama halnya dengan Tablet Android Vizio 10 inchi.

Referensi[sunting | sunting sumber]


http://www.situsteknologi.com/2013/01/vizio-tablet-windows-8.html
http://tekno.kompas.com/read/2013/01/08/14465237/Tablet.Android.Vizio.Pakai.Prosesor.Tercepat.di.Dunia
http://WEB-INF.prmob.net/views/ltr/article.jspx
http://www.zdnet.com/ces-2013-vizio-reveals-10-inch-android-tablet-powered-by-nvidia-tegra-4-chip-7000009495/
http://store.vizio.com/vtab1008.html
http://techland.time.com/2013/01/08/vizios-android-tablets-are-a-rare-sight-at-ces/#ixzz2PN3V5dsc

Pranala[sunting | sunting sumber]


http://www.vizio.com