Tablanusu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tablanusu adalah sebuah pantai eksotis dengan batu koral hitam di garis pantainya. Terdapat di Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Berjarak sekitar 60 km dari Kota Jayapura atau 2 jam perjalanan dengan mengendarai mobil. Kata Tablanusu berasal dari dua kata yaitu Tepara yang berarti suku penduduk setempat dan Onusu yang berarti terbenamnya matahari.

Pantai Tablanusu dikelola oleh seorang pengusaha asal kabupaten Jayapura dan semakin berkembang setiap saatnya. Pengelola sudah dan sedang menyiapkan cottage-cottage untuk dapat ditinggali. [1] Di sekitar Tablanusu juga terdapat dua buah pulau kecil  yang ditumbuhi beberapa jenis bunga anggrek endemik Papua.

Tablanusu juga menyediakan wisata kampung, diantaranya wisata hutan dengan trekking menyusuri hutan di beberapa titik di dekat kampung tamblanusu dan wisata sejarah berupa peninggalan tentara sekutu pada masa Perang Dunia II yang dipimpin oleh Douglas MacArthur. Di lokasi ini juga terdapat sebuah makam di samping gereja yang diyakini sebagai salah satu tokoh masyarakat dan pendiri gereja tersebut. Selain itu, terdapat prasasti berbentuk salib untuk mengenang masuknya agama Kristen ke Desa Tablanusu di awal tahun 1900-an.

Untuk memperoleh berkah laut dan sekaligus untuk melestarikan laut, masyarakat di sekitar pantai utara Kabupaten Jayapura ini menggelar dua ritual, yaitu ritual Sasi dan ritual Tiyatiki. .[2]

Upacara Sasi[sunting | sunting sumber]

Upacara Sasi adalah upacara menancapkan dahan pohon kayu besi pantai atau yang biasa disebut suang teko oleh masyarakat sekitar di lokasi yang terdapat banyak ikannya, terutama di kawasan terumbu karang yang merupakan sarang ikan.[3]

Ritual Tiyatiki[sunting | sunting sumber]

Ritual Tiyatiki merupakan ritual larangan penangkapan ikan selama beberapa waktu yang telah disepakati.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Travelblog.id, Editor (2019-03-21). "Tablanusu, An Exotic Spot That You Shouldn't Miss In Papua". Travel Blog Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-13. 
  2. ^ "Desa Tablanusu, Jayapura". Utiket.com. Diakses tanggal 2020-02-27. 
  3. ^ PapuaUntukSemua. "Tablanusu, Kampung Wisata Alam, Sejarah dan Budaya". Papua Untuk Semua. Diakses tanggal 2020-02-27.