Tōdō Takatora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tōdō Takatora
Toudou Takatora.jpg
Tōdō Takatora
Tuan Imabari Pertama
Masa jabatan
1600–1608
Pendahulutidak ada
PenggantiMatsudaira Sadafusa
Daimyō Tsu Pertama
Masa jabatan
1608–1630
Pendahulutidak ada
PenggantiTōdō Takatsugu
Informasi pribadi
Lahir16 February 1556
Desa Tōdō, Provinsi Ōmi, Jepang
Meninggal dunia9 November 1630(1630-11-09) (umur 74)
Edo, Jepang
KebangsaanJepang

Tōdō Takatora (藤堂 高虎, 16 February 1556 – 9 November 1630) adalah seorang daimyō Jepang pada zaman Azuchi–Momoyama sampai dengan zaman Edo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ia memiliki asal muasal yang sederhana dari seorang ashigaru (prajurit berjalan kaki) dan kemudian meningkat menjadi seorang daimyō. Selama masa hidupnya, ia berganti tuan sebanyak tujuh kali dan bekerja pada sepuluh orang, akan tetapi pada akhirnya ia melabuhkan kesetiaannya pada Tokugawa Ieyasu, tuannya yang terakhir.[1][2]

Patung Tōdō Takatora di Kastel Imabari .

Tōdō Takatora naik pangkat dengan cepat ketika bekerja di bawah Hashiba Hidenaga, adik Toyotomi Hideyoshi, ia juga berpartisipasi dalam invasi Jepang ke Korea sebagai seorang komandan dalam armada kapal Toyotomi. Tanah perdikan miliknya pada saat itu adalah Uwajima di provinsi Iyo. Pada zaman Edo, kekayaan tiap tanah perdikan diukur melalui volume produksi berasnya dalam satuan koku. Iyo-Uwajima dinilai sebesar 70.000 koku.[1][2]

Pada Pertempuran Sekigahara di tahun 1600, meskipun ia adalah salah satu jenderal utama Toyotomi, ia mengambil sisi Tokugawa Ieyasu. Seusai perang, ia dianugerahi wilayah kekuasaan yang lebih besar, Iyo-Imabari, yang bernilai 200.000 koku. Di kemudian hari, ia dijadikan daimyō Tsu (yang mencakup tanah di Iga dan Ise), sebuah wilayah yang bernilai 320.000 koku.

Setelah kematian Akai Naomasa, beberapa anggota klan Akai menjadi pengabdi pada keluarga Tōdō.[3]

Tōdō Takatora terkenal sebagai perancang kastel Jepang yang istimewa. Ia disebut-sebut terlibat dalam pembangunan sebanyak dua puluh kastel Jepang,[1][2] termasuk kastel Edo, kastel Wakayama, kastel Uwajima, kastel Imabari, kastel Iga Ueno and kastel Sasayama.[4]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Komik[sunting | sunting sumber]

  • Versi fiksi Todo (dengan nama "Todo Tokotora") tampil dalam miniseri komik Yi Soon Shin: Warrior and Defender pada tahun 2009, di mana ia diceritakan menjalin cinta dengan rekan sesam jenderalnya, Gurijima Michiyuki. Kematian Gurijima dalam Pertempuran Pulau Hansan adalah motivasi utama Todo untuk memusnahkan Yi.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

  • Takatora adalah seorang tokoh yang dapat dimainkan dalam rangkaian permainan Samurai Warriors sejak Sengoku Musou Chronicle 2nd. Dalam Samurai Warriors 4, ia digambarkan sebagai seorang pengabdi Azai dan sahabat erat Ōtani Yoshitsugu sebelum bergabung dengan klan Toyotomi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului   oleh
tidak ada
Daimyo pertama Imabari
1600–1608
Digantikan oleh
Matsudaira Sadafusa
Didahului   oleh

Tomita Nobutaka

Daimyo pertama Tsu
1608–1630
Digantikan oleh
Tōdō Takatsugu

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ^ a b c "戦国 出世の方程式 ~藤堂高虎 大坂夏の陣の大勝負~、日本放送協会 (The formula for promotion in the Sengoku ages, Todo Takatora's Challenge in the Osaka Castle Summer War, by NHK" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 2007-03-27. 
  • ^ a b c "津市 文化課 藤堂高虎 (The city of Tsu official homepage)" (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-06. Diakses tanggal 2007-03-27. 
  • ^ "SamuraiWiki". Samurai Archives. Diakses tanggal 2012-07-15. 
  • ^ https://edition.cnn.com/travel/article/japan-samurai-castles/index.html