Sylvia Grey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangSylvia Grey

Biografi
Kelahiran18 Mei 1866
Kematian6 Mei 1958 (91 tahun)
Kegiatan
Pekerjaanaktris, pemeran film

IMDB: nm0340696 Find a Grave: 175076872

Sylvia Grey (18 Mei 1866 – 6 Mei 1958) adalah seorang aktris dan penari Inggris yang paling diingat karena perannya dalam produksi burlesque di London selama era Victoria.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gray lahir di London, Inggris, sebagian dari keturunan Swiss. Dia memulai karir panggungnya pada usia 10 tahun muncul dalam peran anak-anak di Shakespeare drama yang dilakukan di Sadler's Wells Theatre di London. Setelah dua tahun, ia melanjutkan pendidikannya, lulus dengan gelar di bidang musik dari Trinity College, London. Gray kemudian bernyanyi secara profesional dalam paduan suara sambil terus belajar menyanyi.

Setelah awalnya melakukan sejumlah peran kecil di Vaudeville Theatre, Gray pindah ke Gaiety Theatre. The Gaiety menampilkan musical burlesques yang mempekerjakan penari, sehingga Gray belajar menari dengan John D'Auban, antara lain, sebelum memulai debutnya sebagai penari pada tahun 1884. Pada tahun 1885, ia menari peran Polly Flamborough dalam "The Vicar of Wide-awake-field" di Gaiety dan segera menjadi penari utama di sana. Selain menari, ia sering memainkan peran komedi. Gray menjadi terkenal karena penampilannya dalam olok-olok Gaiety seperti Monte Cristo Jr. dan Little Jack Sheppard (1886), Miss Esmeralda (1887) dan ' 'Ruy Blas and the Blasé Roué (1889 di London dan kemudian Australia). Pada tahun 1891, ia berperan sebagai salah satu saudara tiri dalam Gaiety's Cinder Ellen up-too-Late setelah itu perusahaan, termasuk Grey, melakukan tur di Australia. Dia memerankan Flo Fanshawe di Prince of Wales's Theatre di In Town.[1] Pada tahun 1893, ia memerankan Donna Julia di "Don Juan" di Gaiety (oleh Meyer Lutz, A.C. Torr dan Adrian Ross). The Dramatic Peerage berkomentar, "Puisi gerak tidak memiliki eksponen yang lebih menawan daripada Miss Sylvia Grey".[2]

Selain tampil di atas panggung, Gray juga mengajar menari kepada aktor dan klien kaya, beberapa di antaranya berasal dari aristokrasi. Ini memberinya penghasilan yang lebih besar daripada yang dia terima dari tampil di Gaiety. Di antara banyak muridnya yang menonjol adalah Ellen Terry.[2] Gray menikah pada tahun 1893, dan penampilan terakhirnya West End adalah sebagai Countess Acacia di Baron Golosh pada tahun 1895 di Trafalgar Theatre. Selama Perang Dunia I, dia mengelola Klub Perwira Australia di London. Dia membuat beberapa film Prancis pada tahun 1920-an, termasuk "Le Secret de Rosette Lambert" (1920), "La Maison du mystère" (1923, sebagai Marjorie) dan "Comment j'ai tué mon enfant" ( 1925).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ St. Johnston, Reginald. A History of Dancing (1906), London: Simpkin, Marshall, Hamilton, Kent & Co.
  2. ^ a b Reid, Erskine and Herbert Compton. The Dramatic Peerage, Raithby, Lawrence & Co Ltd, London, 1892, pp. 95–96

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hindson, Catherine. Female Performance Practice on the Fin-de-Siecle Popular Stage of London and Paris: Experiment and Advertisement (2007) Manchester University Press
  • Biography of Grey Diarsipkan 2007-03-10 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]