Syibam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Syibam (bahasa Arab: شِبَام‎‎) atau juga disebut Syibam Hadramaut, adalah sebuah kota kecil di Yaman. Syibam adalah ibu kota Distrik Syibam dalam Kegubernuran Hadhramaut, dengan penduduk sekitar 7000 jiwa. Kota ini terkenal dengan bangunan tingginya yang terbuat dari batu bata lumpur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Catatan sejarah tertua tentang kota ini berasal dari abad ke-3 Masehi.[1] IPada zaman itu, kota ini adalah ibu kota Kerajaan Hadramaut.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota yang terletak di daerah pusat-barat Hadhramaut, di gurun Ramlat al-Sab`atayn. Jalan utama menghubungkan Sana'a dan kota-kota lain dari Yaman barat ke wilayah timur jauh. Kota-kota terdekat yang Seiyun, kursi bandara, dan Tarim, baik di timur. Jalan lain, berangkat dari desa Alajlanya, di barat; link Shibam ke Al Mukalla, ibu kota Governorat, terletak oleh Samudera Hindia.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Syibam biasanya disebut "pencakar langit tertua di dunia" atau "Manhattan dari Gurun", dan salah satu contoh perencanaan kota yang terbaik dan tertua, berdasarkan kaidah pembangunan vertikal.[2] Kota ini memiliki beberapa bangunan tertinggi dari lumpur di dunia, dengan beberapa dari mereka lebih dari 30 meter,[3] yang menjadi bangunan apartemen awal. IAgar terlindung dari hujan dan pengikisan, dinding bangunan-bangunan tersebut harus dirawat secara teratur dengan melapiskan lapisan lumpur baru.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Shibam, yang sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, berutang ketenaran untuk rumah architecture.The berbeda yang Shibam semuanya terbuat dari bata lumpur dan sekitar 500 dari mereka adalah menara blok, yang naik 5 sampai 11 cerita tinggi, dengan masing-masing lantai memiliki satu atau dua kamar Gaya arsitektur ini digunakan untuk melindungi penduduk dari serangan Badui.. Sementara Shibam telah ada selama diperkirakan 1.700 tahun, sebagian besar rumah di kota ini berasal dari abad ke-16. Banyak, meskipun, telah dibangun kembali berkali-kali dalam beberapa abad terakhir.

Shibam sering disebut "kota tertua pencakar langit di dunia" atau "Manhattan dari gurun", dan merupakan salah satu contoh tertua dan terbaik dari perencanaan kota berdasarkan prinsip konstruksi vertikal. Kota ini memiliki beberapa bangunan lumpur tertinggi di dunia, dengan beberapa dari mereka lebih dari 30 meter (100 kaki) tinggi, sehingga menjadi bangunan awal bertingkat tinggi apartemen. Dalam rangka untuk melindungi bangunan dari hujan dan erosi, dinding harus rutin dipertahankan dengan menerapkan lapisan segar lumpur.

Kota terdekat Tarim berisi struktur tertinggi di Wadi Hadhramaut lembah, menara mudbrick dari masjid Al-Mihdhar. Ia berdiri di ketinggian kurang lebih 53 meter (175 kaki). ini adalah menara tertinggi di semenanjung Arab selatan.

Ancaman[sunting | sunting sumber]

Syibam rusak parah akibat banjir pada tahun 2008.[4] Banyak fondasi bangunan-bangunan di kota itu dijebol oleh air banjir, yang mengakibatkan keruntuhan bangunan-bangunan tersebut.[5] Syibam juga menjadi sasaran sebuah serangan Al-Qaeda pada tahun 2009.[6][7]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wadi Hadramowt and walled city of Shabam". Diakses tanggal 2010-01-03. 
  2. ^ Old Walled City of Shibam, UNESCO World Heritage Centre
  3. ^ Shipman, J. G. T. (June 1984). "The Hadhramaut". Asian Affairs. 15 (2): 154–62. doi:10.1080/03068378408730145. 
  4. ^ "Death Toll Mounts In Tropical Storm". CBS 13. 2008-10-26. Diakses tanggal 2008-10-26. 
  5. ^ "Historic Town of Shibam Hadramout Escapes Flooding Largely Unscathed". ITN Source. November 3, 2008. 
  6. ^ "Al Qaeda blamed for Yemen attack". CNN. 2009-03-16. Diakses tanggal 2009-04-26. 
  7. ^ "Al-Qaeda in Yemen:Political, Social and Security Dimensions". Yemen Post. 2009-04-12. Diakses tanggal 2009-04-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]