Syafri Segeh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Syafri Segeh gelar Sutan Rajo Pangeran (lahir di Tabing, Koto Tangah, Padang, Sumatra Barat, 10 April 1935 – meninggal di Solo, Jawa Tengah, 1 Juni 2016 pada umur 81 tahun)[1][2] adalah seorang wartawan dan penulis buku. Ia penah menjadi wartawan Harian Aman Makmur dan Pemimpin Redaksi Harian Haluan. Ia juga menulis buku yang berjudul Subandrio Durno Terbesar Abad XX (1966).[3]

Syafri Segeh memulai karier persnya sebagai pegawai Kantor Jawatan Penerangan (Japen) Kota Padang sejak tahun 1950 dan bertugas sebagai redaktur. Kemudian ia merangkap sebagai reporter mingguan Fakta Minggu. Pada tahun 1960, ia melepaskan statusnya sebagai pegawai negeri di Japen dan menerbitkan Harian Aman Makmur yang dipimpin oleh Marthias Dusky Pandoe, Saifullah Alimin, dan Darmalis bersama wartawan muda lainnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://pwipress.org/sumaterabarat/syafri-segeh
  2. ^ https://www.harianhaluan.com/mobile/detailberita/54905/rencana-umrahnya-terhenti-di-solo
  3. ^ Chaniago, Hasril (2018). 121 Wartawan Hebat dari Ranah Minang dan Sejumlah Jubir Rumah Bagonjong. Padang: Panitia Pelaksana Daerah Hari Pers Nasional 2018 Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat.