Suzakumon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 35°0′49″N 135°44′32″E / 35.01361°N 135.74222°E / 35.01361; 135.74222

Heijokyo Suzakumon

Suzakumon (朱雀門) adalah gerbang utama yang dibangun di tengah ujung selatan istana-istana kekaisaran di ibu kota-ibu kota kuno Jepang dari Fujiwara-kyō (Kashihara), Heijō-kyō (Nara), dan kemudian Heian-kyō (Kyoto). Penempatannya mengikuti persyaratan model istana Tiongkok kuno pada masa itu, dimana Suzaku (Burung Vermilion) adalah Penjaga Arah Selatan.

Heijokyo Suzakumon[sunting | sunting sumber]

Dari pintu masuk utama di Ibukota Nara yang bernama Gerbang Rajou, Bulevar Suzaku yang memiliki lebar 75 meter, memanjang ke utara sepanjang 3,7 km mencapai Suzakumon, pintu masuk utama ke istana. Istana dikelilingi oleh tembok dan 12 gerbang.

Pada masa lalu, gerbang digunakan untuk menerima tamu negara.[1] Berbagai acara diadakan di dekat gerbang, antara lain seni tari dan nyanyian Utagaki oleh pria dan wanita. Di sisi kanan dan kiri gerbang tembok setinggi 5,5 meter didirikan mengelilingi Istana Kekaisaran yang luasnya 130 hektar.[1]

Pembangunan kembali Nara Suzakumon, Heijokyo[sunting | sunting sumber]

Penelitian untuk pembangunan kembali Suzakumon dimulai dengan penggalian di situs asli pada tahun 1964, dan model miniatur dibuat pada tahun 1965.

Penelitian untuk bahan bangunan dan metode konstruksi dilakukan selama 7 tahun dari tahun 1979.[2]

Program “The research for the design and structure of Suzakumon Gate in Heijo Palace” dipublikasikan dan dijalankan selama tiga tahun dari tahun 1986.[2] Ditemukan bahwa bentuk Suzakumon hanya terbatas pada fondasi saja dan dari penggalian ditemukan platform stylobate, kolom-kolom, serta genting atap. Merujuk pada bahan-bahan temuan, struktur kuno yang masih berdiri dan catatan sejarah, penelitian dan pembangunan kembali terus berlanjut.[2]

Pada tahun 1998, pembangunan kembali Suzakumon dan Taman Istana Timur selesai. Suzakumon memiliki lebar 25 meter dan tinggi 22 meter.

Monumen Bersejarah Nara Kuno termasuk Istana Heijo didaftarkan ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]