Sutra teratai (kain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga dan batang dari varietas teratai (Nelumbo nucifera) yang digunakan dalam sutra teratai.

Sutra teratai (Burma: ပိုးကြာချည် atau Burma: ကြာချည်, terj. har.'benang teratai') adalah jenis tekstil yang diproduksi menggunakan serat batang teratai yang halus. Kain ini pertama kali berasal dari Myanmar, dan sekarang juga ditenun oleh industri rumahan skala kecil di Vietnam.[1][2] Karena kerumitan dan sifat padat karya dari menenun serat teratai, sutra teratai dianggap sebagai salah satu kain paling mahal di dunia.[1][3]

Filamen individu dari batang teratai digunakan sebagai serat dalam sutra teratai.
Pengrajin Vietnam mengajarkan cara membuat sutra teratai.
Pengrajin Vietnam menggunakan alat tenun untuk menenun sutra teratai.
Selendang sutra teratai di Vietnam.

Sutra teratai Myanmar menggunakan serat dari jenis teratai tertentu yang disebut padonma kya (ပဒုမ္မာကြာ), yang menghasilkan bunga merah muda yang besar dan harum.[4] Batang teratai bersumber dari Danau Inle Negara Bagian Shan, dan di seluruh Myanmar, termasuk Wilayah Mandalay (Danau Sunye di Kotapraja Sintkaing); Wilayah Bago (Danau Inma di Kotapraja Thegon); Wilayah Magway (Wetthe dan Danau-Danau Alami Salin di Kotapraja Salin); Wilayah Sagaing (Danau Kandaunggyi di Kotapraja Taze).[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seorang penenun di Danau Inle menggulung benang sutra teratai.

Tenun sutra teratai berasal dari Danau Inle di Negara Bagian Shan, Myanmar. Tenun teratai ditemukan oleh seorang wanita etnis Intha bernama Sa Oo di desa Kyaingkhan pada awal 1900-an.[4][5] Dia pertama kali menenun jubah biara Buddha menggunakan serat teratai, yang disebut kya thingan (ကြာသင်္ကန်း), sebagai persembahan kepada kepala vihara setempat, dan mempersembahkan jubah monastik yang serupa kepada patung Buddha utama di Pagoda Phaung Taw Oo.[4] Tradisi menenun jubah memiliki sejarah panjang di Myanmar; selama festival Tazaungdaing, kompetisi menenun jubah diadakan di seluruh pagoda utama Burma.

Seorang penenun Burma menggunakan alat tenun tangan untuk menenun sutra teratai.

Praktik menenun punah setelah kematiannya, dan kemudian dihidupkan kembali oleh kerabatnya, Tun Yee dan Ohn Kyi, yang memulai koperasi untuk memodernisasi dan mensistematisasikan praktik menenun.[4]

Pada tahun 2017, Phan Thi Thuan, seorang penenun di dekat Hanoi, memperkenalkan praktik menenun ke Vietnam.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebuah patung Buddha di Pagoda Shwedagon dibalut dengan jubah kain berwarna safron yang dihiasi dengan bordiran teratai.

Sutra teratai pertama kali digunakan untuk menenun jubah biara sebagai persembahan kepada patung Buddha atau biksu Buddha, tetapi sekarang juga digunakan untuk berbagai jenis pakaian, termasuk syal dan topi.[4] Loro Piana, sebuah perusahaan pakaian mewah, telah mengimpor sutra lotus Myanmar untuk memproduksi jaket dan produk pakaian lainnya sejak 2010.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Floyd, Charlie. "Lotus silk is one of the rarest fabrics in the world, but what makes it so expensive?". Business Insider. Diakses tanggal 2021-01-05. 
  2. ^ a b "Fabric of Success: How 'Lotus Silk' Is Weaving Its Way Into Vietnam". Agence France-Presse (dalam bahasa Inggris). 2020-08-28. Diakses tanggal 2021-01-05. 
  3. ^ Win, Lei Lei. "Lotus weaving". The Encyclopedia of Crafts in WCC-Asia Pacific Region (EC-APR) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-06. 
  4. ^ a b c d e f Theingi Myint; Khin Nyein San; Aung Phyo (2018). Lotus Fiber Value Chain in Myanmar (PDF). Regional BioTrade Project. 
  5. ^ Chaw Su Hlaing (2016). "Lotus Robe in Kyaing Khan Village Innlay Lake, Shan State (South): An Anthropological Perspective" (PDF). Dagon University Research Journal. 7: 91–102. 
  6. ^ Binkley, Christina (2010-11-03). "New Luxury Frontier: A $5,600 Lotus Jacket". Wall Street Journal (dalam bahasa Inggris). ISSN 0099-9660. Diakses tanggal 2021-01-06.