Surya Satelit 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SS1 Satellite
Jenis misiAPRS Digipiter
OperatorLapan RI, Universitas Surya, Amsat ID, Orari
Durasi misi1 Tahun
Properti wahana
Massa luncur1,3 kilogram (2,9 pon)
Dimensi10 cm × 10 cm × 11,35 cm (3,94 in × 3,94 in × 4,47 in)
Awal misi
Tanggal luncur28 November 2022
Tempat peluncuranKennedy Space Center, Florida, AS
KontraktorSpaceX
Parameter orbit
Sistem orbitLow Earth
Periode90 minutes
Transponder
FrekuensiUHF, Ghz
 

Surya Satelit 1 adalah satelit nano buatan Indonesia yang diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tanggal 27 November 2022. Satelit ini merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Universitas Indonesia (UI).

SS1 Satelit memiliki ukuran 10x10x11,35 cm dan berat 1,3 kg. Satelit ini dilengkapi dengan modul Automatic Packet Reporting System (APRS) yang berfungsi untuk mengirimkan pesan teks singkat ke Bumi. Teknologi APRS ini dapat dikembangkan untuk berbagai aplikasi, seperti mitigasi bencana, pemantauan jarak jauh, dan komunikasi darurat.

SS1 Satelit diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat, menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Satelit ini berhasil mencapai ISS pada tanggal 28 November 2022.

Pengembang[sunting | sunting sumber]

SS-1 dikembangkan oleh Surya University dengan dukungan dan supervisi ahli dari Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pusteksat LAPAN) BRIN. Proyek ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), PT Pudak Scientific, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), dan pemangku kepentingan lainnya.

Biaya[sunting | sunting sumber]

Biaya pembuatan satelit nano ini sekitar Rp3 miliar termasuk bantuan komponen satelit dari pihak PSN. Peluncuran satelit SS-1 itu dinilai menjadi sejarah bagi industri antariksa nasional karena menjadi satelit pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh anak-anak muda Indonesia.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Surya Satelit 1 digunakan untuk mitigasi bencana, dengan APRS yang hendak digunakan untuk mengirimkan informasi dan data tentang bencana ke Bumi. Selain itu Surya Satelit 1 juga digunakan untuk pemantauan jarak jauh, di mana APRS dapat digunakan untuk memantau wilayah yang sulit dijangkau, seperti daerah pegunungan dan hutan. Surya Satelit 1 juga dapat digunakan untuk keperluan komunikasi darurat, seperti dalam keadaan darurat bencana alam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]