Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Supernova: Kesatria, Puteri, dan Bintang Jatuh
KPBJ.jpg
PengarangDee Lestari
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreFiksi ilmiah
Roman
PenerbitBandung: Truedee Books
Tanggal rilis2001
HalamanXII, 231 halaman
ISBNISBN 979-96257-0-X
DiikutiSupernova 2: Akar

Supernova: Kesatria, Puteri dan Bintang Jatuh adalah novel fiksi ilmiah karangan Dee Lestari yang diterbitkan pada tahun 2001. Novel ini merupakan bagian pertama dari enam seri Supernova.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Reuben, seorang Indo-Yahudi dan mahasiswa John Hopkins School of Medicine, bertemu dengan Dimas, seorang mahasiswa George Washington University yang berasal dari keluarga Indonesia yang berada, di Washington, D.C.. Mereka berdua menjadi semakin dekat, terlebih setelah Reuben mencoba alkohol pertamanya dan mulai melakukan refleksi tentang sifat dan watak alam semesta. Sepuluh tahun kemudian, Reuben dan Dimas telah menjadi pasangan gay dan menetap di sebelah selatan Jakarta. Melalui pengetahuan Reuben tentang watak alam semesta dan keahlian Dimas sebagai seorang penulis dan pujangga, mereka mulai menulis sebuah cerita cinta antara Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Ferre "Re" adalah seorang managing director dari sebuah perusahaan ternama dengan penampilan tampan dan karisma yang tinggi, namun ia sendiri merasa kurang menjalani hidup hingga ia bertemu Rana, satu-satunya jurnalis yang ia persilahkan waktu untuk wawancara. Pertemuannya dengan Rana mengingatkan Re pada suatu cerita kanak-kanak yang berjudul "Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh": seorang Kesatria yang jatuh cinta pada Putri dan melakukan apa-pun untuk mendapatkannya, namun dikalahkan oleh Bintang Jatuh yang akhirnya mendapatkan sang Putri. Ia membayangkan dirinya sebagai Kesatria dan Rana sebagai Putri. Di sisi lain, Rana adalah wanita jenuh akan kewajibannya untuk mengikuti aturan dan tradisi, termasuk disandingi dengan suaminya yang taat, setia, dan berasal dari keluarga ternama, Arwin.

Cerita kemudian beralih ke kisah Diva Anastasia. Si "Bintang Jatuh", Diva adalah seorang peragawati yang diam-diam bekerja sebagai seorang pelacur tiap malam. Diva terkenal sebagai wanita bermulut pedas dan selalu memiliki kritikan terhadap klien dan orang yang ia anggap tidak menikmati hidup sebagaimana mestinya. Walau begitu, Diva juga seseorang yang sangat memperhatikan hal-hal sepele; ia bahkan menaikkan derajat supir pribadinya, Pak Ahmad, dengan menyekolahkan anak-anak dan membiayai istrinya. Diva hanya memiliki hubungan pribadi yang dekat dengan Gio, seorang Tionghoa-Indonesia-Portugis yang sering melakukan perjalanan keliling dunia.

Re dan Rana harus menjalani hubungan yang dipenuhi kucing-kucingan dan persembunyian, baik dari Arwin, kolega-kolega Rana, maupun media. Rana akhirnya mengikuti anjuran temannya, Gita, untuk mencurahkan hatinya kepada "Supernova". Setelah berusaha keras, Supernova mulai membalas surel-surel Rana mengenai hubungannya dengan Arwin. Secara ironis, Supernova juga telah berkirim surel dengan Arwin mengenai rencananya untuk melepaskan Rana. Penyuratan ini berujung ketika Arwin memergoki Rana membaca surel dari Supernova. Mereka berdamai dan Rana memutuskan untuk menghentikan hubungan gelapnya dengan Re.

Secara ketidaksengajaan, Re dan Diva ternyata menetap di rumah yang berhadap-hadapan. Suatu hari, Diva memilih untuk menetap di rumah dan meratapi Re yang saat itu tengah jatuh cinta. Ketika Re menerima pernyataan Rana tentang pemutusan hubungan mereka, Re mengunci diri dari dunia dan hampir saja memutuskan untuk bunuh diri. Melalui bantuan dari temannya, Alé, dan Diva, Re membuka diri dan mulai berteman dengan Diva. Re, yang juga salah satu klien Supernova, akhirnya mengetahui bahwa Supernova adalah Diva. Diva mengatakan bahwa dia mengoperasikan sebuah organisasi gelap yang tediri atas orang-orang yang menginginkan hidup sebagaimana semestinya, seperti dirinya. Keesokan harinya, Diva berpamitan untuk pergi berkeliling dunia bersama Gio.

Dalam epilog, cerita kemudian berdalih kembali pada Dimas dan Reuben yang telah menyelesaikan kisah Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Secara mendadak, mereka mendapatkan surel dari Supernova, meninggalkan mereka untuk bertanya-tanya apakah kisah yang mereka garap benar-benar terjadi.

Referensi[sunting | sunting sumber]