Super-G

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemain ski alpen Austria bersaing di super-G

Super-G adalah disiplin balap ski alpen. Seiring dengan menuruni bukit yang lebih cepat, ini dianggap sebagai acara "kecepatan", berbeda dengan acara teknis slalom raksasa dan slalom. Ini memulai debutnya sebagai acara Piala Dunia resmi selama musim 1983 dan ditambahkan ke jadwal resmi Kejuaraan Dunia pada tahun 1987 dan Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1988.

Sama seperti menuruni bukit, lintasan super-G terdiri dari gerbang yang diatur lebar yang harus dilalui pembalap. Jalurnya diatur sedemikian rupa sehingga pemain ski harus berbelok lebih banyak daripada saat menuruni bukit, meskipun kecepatannya masih jauh lebih tinggi daripada di slalom raksasa (karena itu namanya). Setiap atlet hanya memiliki satu lari untuk mencatat waktu terbaik. Di Olimpiade, lapangan super-G biasanya diatur di lereng yang sama dengan lereng menurun, tetapi dengan titik awal yang lebih rendah.

Super-G dijalankan sebagai ajang uji coba Piala Dunia selama musim 1982, dengan dua balapan putra dan satu balapan wanita yang tidak dihitung dalam klasemen musim.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cindy Nelson winner of new super slalom". Ottawa Citizen. Associated Press. March 24, 1982. hlm. 31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]