Suntingan penggemar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suntingan penggemar adalah versi film yang direkayasa, dipotong, disusun ulang, atau ditambahkan materinya untuk menciptakan interpretasi baru dari materi sumber oleh penonton atau penggemar. Ini termasuk penghapusan adegan atau dialog, penggantian elemen audio dan/atau visual, dan penambahan materi dari sumber seperti adegan yang dihapus atau bahkan film lain.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Dalam bentuknya yang paling umum, suntingan penggemar mirip dengan pekerjaan yang dilakukan oleh editor profesional saat membuat penggalan sutradara atau diperpanjang, meskipun suntingan penggemar biasanya dibatasi oleh rekaman yang sudah tersedia untuk umum dengan rilis video rumahan resmi dari sebuah film. , sementara editor profesional yang bekerja untuk studio film memiliki akses ke footage dan elemen berkualitas lebih tinggi. Selain penyuntingan ulang film, beberapa penyuntingan penggemar menampilkan koreksi dasar, seperti warna atau pembingkaian, yang menjaga atau mengembalikan konsistensi dalam film, seperti Harmy's Despecialized Edition pemulihan penggemar Star Wars, yang bertujuan mengembalikan Star Wars Original Trilogi ke bentuk aslinya, pra-Edisi Khusus. Jenis suntingan penggemar lainnya, seperti Cosmogony, Bateman Begins: An American Psycho, dan Memories Alone, menggabungkan rekaman mentah dari berbagai film menjadi produksi yang sama sekali berbeda.[1] Sementara banyak suntingan penggemar dipandang sebagai reaksioner terhadap kelemahan yang dirasakan dalam film aslinya, seorang sarjana film di Universitas Kansas berpendapat bahwa suntingan semacam itu memungkinkan penggemar untuk menata ulang film secara kreatif alih-alih hanya mencoba memperbaiki karya semacam itu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cook, James. "The 15 Coolest Fan Edits Of Popular Movies". Business Insider. 
  2. ^ "Fan editors are artists, not disgruntled fans, KU scholar argues". College of Liberal Arts & Sciences (dalam bahasa Inggris). 2014-11-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-27. Diakses tanggal 2018-02-27.