Lompat ke isi

Sulam alis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sulam alis adalah sebuah teknik tato dimana sebuah alat pegangan kecil yang terbuat dari beberapa jarum kecil dipakai untuk menambahkan pigmen semi-permanen ke wajah.[1] Sulam alis berbeda dari tato alis standar karena setiap garis rambut dibuat oleh tangan untuk membuat garis tipis dan tampak alami yang dipadu dengan rambut alias yang ada, sementara tato alis dilakukan dengan mesin dan jarum, sering kali menciptakan garis yang kurang alami dan lebih tebal.

Dengan semakin berkembangnya zaman, berpengaruh juga dibidang sulam alis. Pada zaman sekarang bukan hanya alis saja yang disulam ada bagian tubuh lainnya yang bisa disulam, seperti: eyeliner (atas dan bawah), bibir (membuat warna lebih cerah merona), aerola (sekitar puting payudara) dan sulam sculp (sulam kulit kepala sehingga terlihat tidak botak.

Sulam alis pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh pesulam asal kota Surabaya yaitu: Intan Kurnia Wirawan pada sekitar 15 tahun yang lalu dengan memakai nama Sulam Alis Signature by Intan. Sekarang dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan kecantikan wajah, maka semakin berjamur tempat sulam diseluruh Indonesia.

Yang pasti harus diperhatikan sebelum melakukan sulam adalah:

  1. Siapa tukang sulamnya
  2. Tempat, peralatan dan perlengkapan nya harus higienis
  3. Bahan harus benar dipakai untuk sulam

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "What is microblading? Everything to know about this eyebrow trend". TODAY.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-21.