Suku Sute

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suku Sute (Akkadia: Sutī’ū, diyakini diserap dari bahasa Amor: Šetī’u[1]) diyakini adalah salah satu suku dari bangsa Semit Kuno[2] yang tinggal di wilayah Syam dan Kanaan pada sekitar 1350 SM, dan kemudian juga pernah tinggal di Babel. Mereka disebutkan dalam delapan dari 382 surat-surat Amarna. Seperti Habiru, mereka biasanya bekerja sebagai pedagang, dan terkadang disebut Ahlamu. Mereka terdaftar dalam dokumen-dokumen dari Kekaisaran Asyur Tengah (1395-1075 SM) karena keberadaan mereka di kota koloni Asyur Emar, sekarang di timur laut Suriah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diakonoff, I.M. “Father Adam.” In: Hans Hirsch and Hermann Hunger (eds.). Vorträge gehalten auf der 28. Rencontre Assyriologique Internationale in Wien, 6.-10. Juli 1981. Archiv für Orientforschung, Beiheft 19. Horn: Berger 1982, 19 of 16-24.
  2. ^ "Letters to the King of Mari: A New Translation, with Historical Introduction, Notes, and Commentary" p.26. Quote: "A closer look at Sutean names shows a small percentage of non-Akkadian and non-Amorite names that nevertheless belong to a Semitic language, presumably Sutean."