Suku Bede

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bede (feminin: Bedeni) atau Bedey, juga disebut Manta, adalah sebuah suku bangsa nomaden Indo-Arya di Bangladesh.[1] Suku Bede biasanya tinggal, bepergian, dan mencari penghidupan di sungai, hingga mereka dijuluki "Gipsi Air" atau "Gipsi Sungai".[2] Suku Bede serupa dengan gipsi di Eropa.[3] Mereka bepergian dalam kelompok dan tidak pernah menetap di suatu tempat untuk lebih dari beberapa bulan. Suku Bede merupakan kelompok termarjinalisasi. Sekitar 98% suku Bede hidup di bawah garis kemiskinan, dan sekitar 95% anak-anak suku Bede tidak bersekolah. Suku Bede tidak dapat memberi suara karena mereka tidak memiliki tanah tempat tinggal, mereka juga tidak bisa mengajukan pinjaman bank atau kredit mikro untuk alasan yang sama.[4] Meskipun, sejak 2008 suku Bede sudah memiliki hak mereka untuk memberi suara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shejuty, Nosin Nahian (11 July 2018). "Identity in flux: a comparative study of Manta and Beday". BRAC University. 
  2. ^ Maksud, A. K. M.; Imtiaj, R. (3–5 December 2006). "The Nomadic Bede Community and Their Mobile School Program" (PDF). What Works for the Poorest: Knowledge, Policies and Practices. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 18 November 2017. Diakses tanggal 11 March 2011. 
  3. ^ Dalton, Edward (1978). Tribal History of Eastern India. New Delhi: Cosmo Publications. 
  4. ^ Maksud, A. K. M.; Imtiaj, R. (3–5 December 2006). "The Nomadic Bede Community and Their Mobile School Program" (PDF). What Works for the Poorest: Knowledge, Policies and Practices. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 18 November 2017. Diakses tanggal 11 March 2011.