Sukamaju, Cileungsir, Rancah, Ciamis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Dusun Sukamaju
Logo Dusun Sukamaju

Sukamaju (sebelumnya bernama Ciladur) [1]adalah dusun di desa Cileungsir kecamatan Rancah, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia.

Dusun atau lingkungan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia yang berkedudukan di bawah Kelurahan atau Desa.

Dusun Sukamaju dipimpin oleh Kepala Dusun (sekarang Kepala Seksi Kewilayahan) yang bertanggung jawab langsung ke kepala desa Cileungsir.

Wilayah dusun Sukamaju terdiri dari 7 RW (RW 020 sampai dengan 026) dan 14 RT (RT 001 sampai dengan 014[2].

Pada tahun 2018, warga dusun Sukamaju pernah berunjuk rasa ke DPRD Ciamis, mengeluhkan kondisi jalan wilayahnya yang rusak dan rawan kecelaakan[3] [4] [5] .

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Dusun Sukamaju Desa Cileungsir, meraih penghargaan dari menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK RI, Siti Nurbaya sebagai penerima Trophy Proklim Utama yang diserahkan secara langsung di Jakarta, 24 Oktober 2023[6].

Proklim; Program Kampung Iklim adalah program yang dikembangkan oleh KLHK. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kategori ProKlim terdiri dari ProKlim Pratama, ProKlim Madya, Nominasi proKlim Utama dan Nominasi ProKlim Lestari. Kategori ProKlim ditetapkan berdasarkan Nilai akhir ProKlim, yang merupaan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan keberlanjutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dusun Sukamaju dalam Profil Desa Cileungsir". Pemerintah Kecamatan Rancah. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  2. ^ "Dusun Sukamaju dalam Sejarah Desa Cileungsir". Pemerintah Desa Cileungsir. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  3. ^ "Warga Sukamaju Cileungsir Kabupaten Ciamis Geruduk Gedung DPRD, Desak Jalan Segera Diperbaiki". Jabar News. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  4. ^ "Tuntut Perbaiki Jalan Rusak, Warga Cileungsir Rancah Duduki Gedung DPRD Ciamis". Rancah Post. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  5. ^ "Kondisi Jalan Desa Cileungsir Rancah Ciamis Dikeluhkan Warga". Harapan Rakyat. Diakses tanggal 2023-05-09. 
  6. ^ "Pemkab Ciamis Kembali Raih Penghargaan Proklim dari KLHK RI". Harapan Rakyat. Diakses tanggal 2023-10-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]