Suhendi Kumala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Suhendi Kumala adalah pemilik beberapa perusahaan, seperti PT Industrial Development Bank, PT Bank Agung Asia, PT Bank Pasar perdagangan, pabrik aki PT Yuasa Battery Indonesia (patungan dengan Sofyan Wanandi dari PT Pakarti Yogya), perakitan radio dan TV, pabrik lem kayu lapis, dan pabrik pabrik vinyl (bahan industri tekstil). Namun pada awalnya ia memiliki cita - cita sebagai seorang dokter, akan tetapi itu tidak dapat terlaksana dikarenakan pembantu ayahnya sebagian besar berhenti. Setamat SMA Pa Cung (1962) ia mengawali bisnisnya sebagai penjual eceran suku cadang becak dan sepeda pada desa di Jawa Barat dan Jawa tengah.

Suhendi alias Kwee Swie Hong memiliki panggilan akrab, yaitu ngkoh Swie. Datang ke Jakarta pada usia empat tahun mengikuti ayahnya, Kwee Suryadi, pedagang sepeda. ia merupakan anak sulung dari sepuluh bersaudara. ia menuturkan tidak tertarik pada hubungan dagang antara RI - RRC, melainkan jauh lebih tertarik menjalin bisnis dengan Eropa Barat, AS, dan jepang. Ia mengaku bahwa salah satu aset banknya mencapai Rp 32 miliar, per Maret 1985.

Suhendi memiliki hobi bermain golf dan bulu tangkis. Seminggu dua kali ia berenang, dan hampir tiap hari ia pergi jogging di sekitar rumahnya. Suhendi telah menikan dengan Wenny Suteja dan dikaruniai tiga orang anak.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ APA & SIAPA sejumlah orang Indonesia 1985-1986. Tempo (Jakarta, Indonésie) (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: Grafiti Pers. 1986. ISBN 979-444-006-X. OCLC 37095471.