Suede (grup)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suede)
Suede
Suede, Royal Albert Hall, 2010. Dari kiri ke kanan: Brett Anderson, Richard Oakes, Neil Codling, Mat Osman, and Simon Gilbert
Suede, Royal Albert Hall, 2010.
Dari kiri ke kanan: Brett Anderson, Richard Oakes, Neil Codling, Mat Osman, and Simon Gilbert
Informasi latar belakang
Nama lainThe London Suede
AsalLondon, England
GenreAlternative rock, Britpop
Tahun aktif1989–2003, 2010–present
LabelNude, Columbia, Sony BMG
Artis terkaitThe Tears, McAlmont and Butler, Elastica, Strangelove, Futon
Situs webwww.suede.co.uk
AnggotaBrett Anderson
Mat Osman
Simon Gilbert
Richard Oakes
Neil Codling
Mantan anggotaJustine Frischmann
Bernard Butler
Alex Lee

Suede adalah band rock alternatif Inggris yang berasal dari kota London, yang dibentuk pada tahun 1989. Formasi awal mereka antara lain Brett Anderson (vokalis), Bernard Butler (gitaris), Mat Osman (basis), dan Simon Gilbert (drumer).

Pada tahun 1992, Suede dinobatkan sebagai "Pendatang Baru Terbaik di Inggris" , dan mencuri banyak perhatian media musik di Inggris. Pada tahun berikutnya, album debut mereka, Suede, bertengger di puncak tangga lagu dan menjadi album debut dengan penjualan tercepat dalam periode hampir sepuluh tahun. Album tersebut memenangkan the Mercury Music Prize dan turut mengembangkan Britpop sebagai sebuah genre musik. Walaupun demikian, album mereka berikutnya, Dog Man Star (1994), membuat Suede menjauhkan diri sendiri dari sesama pengusung musik Britpop. Walaupun album ini sering disebut sebagai karya besar mereka, sesi perekaman Dog Man Star penuh dengan kesulitan dan berakhir dengan Butler meninggalkan band, setelah konfrontasinya dengan Anderson dan perbedaan visi bermusik dengan anggota band lainnya. Penjualan album ini pun terpengaruh oleh kejadian tersebut. Namun begitu, secara umum album ini cukup diterima khalayak saat dirilis, dan seiring dengan berlalunya waktu, album ini secara umum mendapatkan pujian dari kritikus.

Pada tahun 1996, setelah direkrutnya Oakes (guitarist)|Richard Oakes dan kibordis Codling|Neil Codling, Suede melanjutkan sukses komersial yang lebih besar melalui Up (album)|Coming Up. Album ini mencapai posisi nomor satu di Inggris Raya, dengan menghasilkan lima single Top Ten, dan merupakan album Suede dengan penjualan terbanyak di seluruh dunia. Pada tahun 1997, Anderson kecanduan crack dan heroin. Walapun banyak masalah pada internal band, album keempat Suede Music|Head Music (1999) sukses merajai puncak tangga lagu Inggris. Album ini dipromosikan secara besar-besaran, dimana pada saat perilisannya, mereka mendapat cukup banyak sorotan dari media massa, tetapi album ini menerima reaksi campuran yang memecah fans dan kritikus. Album Suede yang kelima, New Morning|A New Morning (2002), yang merupakan album pertama setelah bangkrutnya Records|Nude Records, tidak menggembirakan secara komersial, lalu grup ini bubar pada tahun berikutnya. Setelah banyak spekulasi, Suede terbentuk kembali pada tahun 2010 untuk serangkaian konser. Tiga tahun kemudian setelah pertunjukkan reuni mereka, Suede merilis album mereka yang keenam, (album)|Bloodsports, pada 18 Maret 2013. Album ini diterima dengan baik oleh para kritikus dan mengembalikan band ini ke jajaran Top Ten di Inggris Raya.