Suak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suak McWay, California, Amerika Serikat

Suak atau pesolot[1] (Inggris: cove) adalah jenis teluk kecil atau ceruk pantai. Suak kecil biasanya memiliki pintu masuk yang sempit dan terbatas, seringkali berbentuk lingkaran atau oval, dan sering kali terletak di dalam teluk yang lebih besar.

Contoh penting adalah Suak Lulworth di Pantai Jurassic di Dorset, Inggris. Di sebelah baratnya,suak kedua, Stair Hole, sedang terbentuk.

Suak terbentuk oleh erosi diferensial, yang terjadi ketika batuan yang lebih lunak terkikis lebih cepat dibandingkan batuan keras di sekitarnya. Batuan ini selanjutnya terkikis hingga membentuk teluk melingkar dengan pintu masuk sempit yang disebut suak .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Jackson, Julia A (1997). Glossary of Geology (edisi ke-4th). Alexandria, VA: American Geological Institute. hlm. 146–147. ISBN 0-922152-34-9. 
  • Clark, John O. E.; Stiegler, Stella (2000). The Facts on File: Dictionary of Earth Science. New York: Market House Books Ltd. 
  1. ^ (Indonesia) Arti kata pesolot dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.