Studio Plesungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Studio Plesungan merupakan tempat berkesenian, bekerja kreatif, proses menciptakan karya maupun mempresentasikan karya. Didirikan oleh Melati Suryodarmo sejak tahun 2012[1] di desa Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Melati berbagi pengalamannya dalam dunia Seni performa kepada seniman muda yang datang ke Studio Plesungan untuk mendalami dunia seni.

Studio[sunting | sunting sumber]

Studio terletak di dalam ruangan (indoor) dan diperuntukkan kepada seluruh kategori proses penciptaan seni pertunjukan,[2] seperti Tari, Teater, Butoh, Musik, (seperti gamelan), dan sebagainya. Ruang kreatif ini juga bisa digunakan untuk proses penciptaan seni rupa dan berbagai jenis seni kontemporer lainnya.

Office[sunting | sunting sumber]

Office (kantor) terletak di dalam ruangan, dan dibatasi oleh sekat dengan studio. Hanya karyawan Studio Plesungan yang diperbolehkan memasuki kantor. Kantor ini juga berisi beragam arsip kegiatan Studio Plesungan dan beberapa properti karya Melati Suryodarmo.

Program[sunting | sunting sumber]

Studio Plesungan mengadakan berbagai program dan kegiatan bersama Seniman Indonesia juga Mancanegara,[3] misalnya program On Stage,[4] On Screen, Dance Laboratory Project, Undisclose Territory,[5] Solo Butoh,[6] dan Pala Project.

Class[sunting | sunting sumber]

Studio Plesungan juga membuka kelas untuk mahasiswa dan masyarakat sekitar, diantaranya: kelas menari anak-anak, menggambar dan lain-lain. Kelas memiliki jadwal sesuai dengan kebutuhan murid dari kelas yang sudah tersedia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elle.co.id, diakses 04 Agustus 2021
  2. ^ Kompas.id, diakses 04 Agustus 2021
  3. ^ deutschesaison.com Diarsipkan 2021-08-09 di Wayback Machine., diakses 04 Agustus 2021
  4. ^ majalah.tempo.co, diakses 04 Agustus 2021
  5. ^ forumlenteng.org, diakses 04 Agustus 2021
  6. ^ Line Today; Tempo.co, solotrust.com, diakses 04 Agustus 2021