Studio Fantasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Studio Fantasi adalah suatu sanggar yang berkontribusi besar dalam berbagai acara di Dunia Fantasi Ancol, Existensinya di akui oleh berbagai kalangan di dunia entertain, pertunjukannya berorientasi ke konsep-konsep hiburan internasional termasuk juga budaya dari Indonesia, Studio Fantasi sudah di akui keberdaannya sejak di didirikannya Amusement Park Dunia Fantasi yang tidak hanya menyajikan berbagai hiburan dengan wahana-wahanya yang menantang dan inovatif juga memberikan hiburan pertunjukan-pertunjukan yang spectaculer.

Berawal dari Berdirinya Amusement Park bernama DUNIA FANTASI di Wilayah Ancol Pada Tanggal 29 Agustus 1985, dan seiring dengan berkembangnya program pemerintah memasyarakatkan Budaya dan Membudayakan masyarakat, Dunia Fantasi Ancol pada masa-masa awal terbentuknya masih berupa taman hiburan. Hiburan tidak hanya berupa tempat tempat rekreasi dan wisata tapi hiburan juga mencakup suara, musik, tari, gerak dan budaya. Pada Perkembangan Dunia Fantasi telah membuat kebijakan-kebijakan manajement hiburan yang pada masa itu amusement park berkelas internasional hanya ada di beberapa tempat di dunia’ diantaranya yang pertama di Amerika Knott’s Berry Farm Buena Park California pada tahun 1940, kemudian Europa Park Germany, Liseberg yang terletak di Swedia adalah salah satu theme park tertua yang masih beroperasi di dunia. Mulai dibuka pada tahun 1927, Nagashima Spa Land Japan dibangun tahun 1964 dan juga Universall Studios Florida 1971. Menyusul Dunia Fantasi Ancol Jakarta Indonesia pada tahun 1985 dimasa kepemimpinan awalnya dari Mr. Jeames seperti amusement park dan theme park sebelumnya Dunia Fantasi Ancol juga menyajikan berbagai kreasi hiburan acara musik, tari dan gerak.

Dalam kebijaksanaannya Dunia Fantasi membentuk sebuah wadah atau sebuah sanggar pemuda dan pemudi untuk berkreasi di berbagai berbagai pementasan stage, carnival dan floor yang wadah tersebut sekarang bernama STUDIO FANTASI. Pada masa-masa terbentuknya Studio Fantasi di awal-awal berdirinya Dunia Fantasi masih terbagi dari beberapa kelompok, yaitu:

- Kelompok acara Panggung:

- Kelompok acara Parade

- Kelompok Marching

- Kelompok Band dan juga

- Kelompok Badut yang pada awal2 nya lebih dikenal dengan Badut Ancol.

Kelompok-kelompok tersebut pada masa itu masih di bawah naungan manajement Ancol, seiring dengan antusias dari pengunjung dan berbagai kebijaksanaan, maka dikolaborasikan kelompok-kelompok tersebut menjadi sebuah kemasan carnaval dalam masa kepemimpinan Ibu Sri Honggowongso dan Edi Darmanto selaku Kabag Acara dan di pimpin penata gerak oleh koreografer pertama kolaborasi tsb yaitu Ibu Titi Kadarsih.

Dan Pada tahun 1997 menjelang Ulang tahun Dunia Fantasi yang ke 3, Nama ‘STUDIO FANTASI’ di bentuk dan di resmikan Secara sederhana oleh internal sesuai adat diadakan Tumpengan di Panggung Tertutup Pasar Seni (sekarang OutBond Holic). Pada waktu itu dipimpin oleh seorang koreografer yang berkompetensi di bidang Tari dan pertunjukan yaitu Paulus Kasman.

Berbagai Kreasi dan kolabolari acara di buat oleh para pendahulu termasuk kebijakan-kebijakan keikut sertaan anggota Studio Fantasi, hingga melahirkan bakat-bakat baru dan melahirkan banyak kreativitas acara.

Studio Fantasi pada masa-masa krisis manajement sempat di alih tugas manajement External Event Organizer, pada tahun 2004 di emban tugas manajement Event Organizer Ruang Kosong (RUKOS) namun masih ada di bawah kepemimpin dan wadah Kabag Acara STUDIO FANTASI hanya dalam menjalankan berbagai kreatif acara di manajemen oleh EO. Dan pada tahun 2009 Manajemen acara STUDIO FANTASI kembali dibangun dan di bawah kendali Dunia Fantasi Ancol. Hingga saat ini Studio Fantasi masih terus berkembang seiring dengan berkembangnya Taman Hiburan Dunia Fantasi Ancol.

Beberapa Acara yang terbaru sekarang diantaranya:

  1. Dufan Glow
  2. Tresureland Temple Of Fire
  3. Fantastique Multi Media Show
  4. Parade