Struktur servis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Struktur servis atau Service structure (tower atau menara peluncuran pasokan) adalah struktur yang dibangun di landasan peluncuran untuk memudahkan pengisian bahan bakar dan pemuatan kargo dan kru di dalam pesawat ruang angkasa. Sebuah menara pasokan juga biasanya mencakup lift yang memungkinkan pemeliharaan dan akses kru. Segera sebelum penyalaan motor roket, semua koneksi antara menara dan pesawat yang terputus, dan jembatan di mana koneksi ini sering lulus cepat ayunan menjauh untuk mencegah kerusakan pada struktur atau kendaraan. Berbeda dengan menara peluncuran, struktur menara layanan tidak membimbing roket saat mereka lepas landas.

Struktur Layanan umumnya terdiri dari komponen tetap dan mobile. Struktur di Kennedy Space Center Launch Complex 39 termasuk struktur pelayanan berputar yang bergerak di tempat di sekitar tumpukan shuttle untuk periode waktu bahwa kerajinan ruang duduk di pad sebelum diluncurkan, biasanya beberapa minggu.

Demikian pula, struktur layanan Soviet yang dirancang seperti orang-orang di Baikonur Cosmodrome berdiri sambil melayani kendaraan. Seluruh struktur jatuh jauh saat peluncuran.

White room[sunting | sunting sumber]

Ruang putih adalah area kecil yang digunakan oleh astronot NASA untuk mengakses pesawat ruang angkasa. Pertama kali digunakan pada Proyek Gemini, penggunaan dan warna putih terus dimasukkan pada menara pasokan melalui program berikutnya hingga dan termasuk program Space Shuttle. Kamar yang terletak di ujung jalan diperpanjang dari struktur dinas tetap. Ruangan ini mengambil namanya dari cat putih. Di ruangan ini astronot melakukan persiapan akhir sebelum memasuki pesawat ruang angkasa seperti mengenakan kemasan parasut, mengenakan helm dan memisahkan unit pendingin udara portabel.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burgess, Colin (2003). Fallen astronauts: heroes who died reaching for the moon. Bison Books. ISBN 0-8032-6212-4.