Story:Van Pembuang, Asal Muasal Kabupaten Seruyan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Distrik Pambuang
Distrik van Pembuang adalah sebuah wilayah yang Merupakan Bekas koloni Imperium Belanda yang saat ini Terletak di Kalimantan Tengah, Indonesia. Distrik Pembuang dipercaya merupakan cikal bakal Kabupaten Seruyan saat ini. Distrik ini didirikan tidak lama setelah Sunan Nata Alam menyerahkan Pembuang Banjar kepada VOC Belanda pada tahun 1787.
Tobias Conrad Lotter / Matthäus Seuttetre
Wilayah van Pemboewan pada Awalnya merupakan wilayah dari Kesultanan Banjar. Saat itu, Perluasan Wilayah Banyak Dilakukan oleh Kesultatan Banjar yang membuat wilayah kesultanan ini menjadi Sangat Luas. Pada Masa itu, Wilayah ini Disebut Pambuang.
Steven Adriaan Buddingh (1811-1869)
Tahun 1940, Kekaisaran Jepang melakukan perluasan wilayah ke Selatan, yaitu ke dareah Asia Tenggara. Imperium Belanda yang Menguasai Hindia Belanda melakukan perlawanan. Namun, wilayah Hindia Belanda malah jatuh ke tangan Jepang. Jepang menguasai Pembuang pada Awal tahun 1941.
Original: historicair Vektor: TastyCakes
Pada Tahun 1946, Dibentuklah sebuah Pemerintahan Kecamatan Seruyan. Pemerintahan "Onderdistrictshoofd" diubah menjadi Kecamatan dengan nama Kecamatan Seruyan dengan Ibu Kota Pemerintahnnya di Kuala Pembuang. Kecamatan Seruyan lalu Bergabung dengan Daerah Dayak Besar dibawah Kepemimpinan J. Van Dyk.
Septianepn
Pemerintah Kabupaten Seruyan Tahun 2002. Pemerintah Kabupaten Seruyan dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Timur di Propinsi Kalimantan Tengah, yang telah diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia pada tanggal 2 Juli 2002. Pejabat Sementara, Loper Anggus.
rlscharfisol
Terpilihnya Darwan Ali sebagai Bupati Pertama Kabupaten Seruyan Memulai Babak baru Kabupaten ini. Dibawah kepemimpinan Darwan Ali, Sejumlah Besar Wilayah Seruyan dibangun dan Direnovasi. Beberapa Pantai, seperti Pantai Sungai Bakau dikembangkan hingga Menjadi Objek Wisata Unggulan Kabupaten Seruyan.
PAN Party