Story:Umbul Ponggok: Bunaken van Klaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Umbul Ponggok
Umbul Ponggok merupakan wisata air yang terletak di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan mata air yang dimanfaatkan menjadi objek wisata, pemandian dan selam permukaan. Kolam Umbul Ponggok berukuran panjang 70 m dan lebar 40 m, mata air terletak pada dasar kolam dan terus mengalirkan air sehingga kolam Umbul Ponggok cenderung jernih.
Tommy Gustaviano Yeza
Pada dasar kolam terdapat ikan dan batu-batuan sehingga kolam Umbul Ponggok kerap digunakan sebagai lokasi foto dibawah air. Mata air yang mengaliri wilayah Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta ini diinformasikan oleh Badan Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional merupakan salah satu luaran resapan dari Sungai Kauman yang terbentang dari Gunung Merbabu hingga Kecamatan Jatinom
Tommy Gustaviano Yeza
Dahulu Umbul Ponggok adalah mata air yang dijadikan sebuah water reservoir yang berfungsi sebagai tampungan air untuk kebutuhan operasional Pabrik Gula Ponggok dan Pabrik Gula Karanganom, selain itu untuk pengairan perkebunan tebu di wilayah Polanharjo, Karanganom, Ceper. Setelah pabrik gula tidak beroperasional lagi, keberadaan water reservoir Ponggok masih difungsikan sebagai pengairan sawah dan perkebunan sampai sekarang. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya Umbul Ponggok (mata air Ponggok) karena sumber airnya memang berasal dari mata air alami yang mempunyai kualitas bagus dan untuk kebutuhan air minum warga sekitar. Seiring dengan perkembangan zaman, Umbul Ponggok merupakan objek yang memiliki potensi luar biasa, selain untuk kebutuhan seperti pengairan sawah dan air minum, dapat juga sebagai objek wisata.
Tommy Gustaviano Yeza