Lompat ke isi

Story:Ular Kawat Biasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ular kawat biasa
Ular kawat biasa (Indotyphlops braminus), juga sering disebut ular cacing atau ular kawat saja, adalah salah satu jenis ular yang terkecil di dunia. Nama-namanya dalam bahasa Inggris adalah common blindsnake, Brahminy blindsnake, flowerpot snake, bootlace snake. Dalam bahasa Jawa ia juga dikenal sebagai ula duwel, sedang dalam bahasa Madura dikenal dengan nama olar kabâk.
Thomas Brown
Ular kawat bertubuh amat kecil, tampak berkilau seperti sepotong kawat kecil kehitaman. Panjang tubuh hingga 20 cm, akan tetapi jarang yang lebih panjang dari 15 cm Kebanyakan malah sekitar 10 cm atau kurang.
Rawlife
Tubuhnya berwarna hitam, kehitaman, kecoklatan, atau abu-abu kebiruan. Umumnya lebih gelap di bagian dorsal (punggung) dan lebih muda di sisi ventral (perut). Ekornya amat pendek dan pada ujungnya terdapat runcingan serupa duri. Terkadang kedua ujungnya (kepala dan ekor) berwarna lebih muda atau keputihan.
Rawlife
Matanya tersembunyi dan hanya tampak sebagai bintik gelap samar-samar di balik sisik kepalanya. Oleh sebab itu, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai blind snake (ular buta). Sisik-sisik yang menutupi bagian tengah tubuh tersusun dalam 20 deret, amat halus dan serupa saja bentuknya di bagian dorsal maupun ventral.
Bernard DUPONT from FRANCE
Ular ini sangat mirip cacing, baik ukuran tubuh maupun perilakunya. Sering ditemukan di bawah perabotan rumah, di balik pot-pot tanaman dan di halaman, di bawah batu dan kayu-kayu busuk, di tempat yang tidak terlalu basah. Ular ini dengan segera menggelepar seperti cacing bila terusik. Namun bila diamati dengan saksama, terlihat ular ini memiliki sisik yang berkilau dan kulitnya tidak berlendir.
Dr. Raju Kasambe